Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Payakumbuh Raih Peringkat Pertama PPD Tingkat Sumbar

Senin, 28 Maret 2022 | 19:56 WIB Last Updated 2022-03-28T12:56:09Z

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi menyerahkan penghargaan pada Pemko Payakumbuh, diterima Sekretaris Daerah Rida Ananda.

Padang, Rakyatterkini.com - Kota Payakumbuh meraih peringkat pertama Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2022. 


Kota Randang itu berhasil menggungguli Kota Padang Panjang di peringkat 2 dan Kota Bukittinggi di peringkat 3.


Penghargaan bergengsi itu diserahkan oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi kepada Wali Kota, Riza Falepi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Rida Ananda saat Musrenbang RKPD Provinsi Sumatera Barat Tahun 2023 yang digelar di Hotel Pangeran Beach, Kota Padang, Senin (28/3/2022).


Wali Kota Riza Falepi kepada media di Kota Payakumbuh mengatakan sangat bersyukur dengan capaian ini, karena pada tahun sebelumnya Kota Payakumbuh baru bisa meraih peringkat 2.


Pada saat penilaian tahap kedua beberapa minggu lalu, Wali Kota Riza Falepi mengekspos secara detail diantaranya kualitas dokumen RKPD, inovasi daerah, dan penyusunan dokumen RKPD.


Menurut Riza, penghargaan ini menggambarkan 3 hal yang sudah dilakukan Pemko Payakumbuh, yakni pertama kaidah pengaggaran yang baik, kedua apa yang diminta presiden dan menteri bagaimaba bicara anggaran pro rakyat, artinya anggaran membangun jauh lebih banyak dan lebih tepat sasaran dibanding anggaran rutin.


Riza juga menambahkan, sejak awal menjabat wali kota pada periode 2012 lalu, Riza konsisten dengan merencanakan pembangunan untuk Kota Payakumbuh. Menurutnya yang utama adalah porsi pembangunan untuk infrastruktur, belanja modal, dan kepentingan masyarakat.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Rida Ananda menyampaikan dengan adanya penilaian ini, tentunya akan terus mendorong Pemko Payakumbuh untuk menyusun dokumen perencanaan yang komprehensif, terukur, dan sistematis. 


Senada, Kepala Bappeda Kota Payakumbuh Yasrizal menyampaikan PPD 2022 mendorong integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antara perencanaan pembangunan pemerintah pusat provinsi, dan daerah, mendorong pemerintah daerah melaksanakan kegiatan secara efektif dan efisien untuk mencapai sasaran pembangunan, serta mendorong inovasi perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.


Yasrizal menambahkan, PPD 2022 mengusung empat peningkatan evaluasi. Pertama, implementasi sistem evaluasi digital menggunakan aplikasi web-based. Kedua, penilaian komprehensif dan adaptif terkait perencanaan dan capaian pemerintah daerah untuk pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. (rdo)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update