Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis 29 September 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
104.644 209 102.063 2.372
sumber: corona.sumbarprov.go.id

6 Permintaan Wako Riza pada Musrenbang Terakhir Kepemimpinannya

Kamis, 17 Maret 2022 | 20:17 WIB Last Updated 2022-03-17T15:10:25Z

Musrenbang terakhir kepemimpinan Wako Riza tekankan enam permintaan.


Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Walikota Riza Falepi menyampaikan agar peserta musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Kota Payakumbuh dapat memperhatikan 6 hal. Ini mengingat sedemikian banyak dan kompleksnya berbagai usulan yang dibahas pada Musrenbang secara daring dan berpusat di Kantor Walikota, Kamis (17/3/2022).


Musrenbang kali ini merupakan terakhir yang dilaksanakan pada masa kepemimpinan Riza Falepi - Erwin Yunaz, kepala daerah Kota Payakumbuh periode 2017-2022.


Pertama, Riza mengajak seluruh peserta Musrenbang, baik pada tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota agar menjadikan pelaksanaan Musrenbang ini sebagai forum tertinggi dalam proses penjaringan aspirasi dan kebutuhan masyarakat akan pembangunan.

 

Kedua, dalam diskusi Musrenbang diarahkan untuk mengerucutkan berbagai usulan menjadi usulan prioritas, sesuai kemampuan keuangan daerah mengacu pada tema Musrenbang tahun ini.


Ketiga, dalam melaksanakan penyusunan berbagai rencana kegiatan tetap memperhatikan prinsip-prinsip efisiensi, efektivitas, ekonomis, sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku dengan penuh rasa tanggungjawab.


"Keempat, secara tepat dan proporsional dapat ditetapkan berbagai kegiatan yang diusulkan untuk dibiayai dari APBD kota, APBD provinsi dan APBN," ucapnya seraya menambahkan untuk kegiatan yang dibiayai dari kedua sumber pendanaan yakni APBD provinsi dan APBN dapat dirumuskan agar diusulkan pada Forum Perangkat Daerah Provinsi dan Musrenbang Provinsi. 


Kelima, memperhatikan arahan Presiden dan Gubernur Sumatera Barat dalam berbagai kesempatan serta arahan Bappeda Provinsi Sumatera Barat, maka dalam musrenbang ini dapat dirumuskan berbagai rencana kegiatan yang sejalan dengan prioritas dan program kegiatan Nasional dan Provinsi Sumatera Barat. 


Keenam, memperhatikan berbagai masukan pada berbagai pertemuan, hasil reses DPRD dan kesepakatan dengan anggota dewan, maka pembahasan dan penetapan APBD Tahun 2023 yang diawali dengan pelaksanaan musrenbang ini dapat dilakukan secara lebih terarah dan sinergis serta dapat mengakomodasi berbagai kebutuhan masyarakat dan disesuaikan dengan kemampuan pembiayaan Pemerintah Kota.


"Musrenbang merupakan salah satu cerminan dari rasa kebersamaan dan partisipasi masyarakat, pemerintah, dan stakeholder terkait dalam merumuskan perencanaan pembangunan untuk kemajuan Kota Payakumbuh di masa depan," katanya. (Rdo)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update