Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Wujudkan Desa Karangan jadi Destinasi Wisata, Tanam Buah dan Bunga Dimulai

Jumat, 18 Februari 2022 | 19:30 WIB Last Updated 2022-02-18T12:35:55Z

Tanam buah dan bunga untuk Desa Karangan, Trenggalek.


Trenggalek, Rakyatterkini.com - Penjabat (Pj) Sekda Trenggalek, Andriyanto, bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), melakukan penanaman pohon buah dan bunga di Desa Karangan, Kecamatan Karangan Trenggalek, Jumat 18 Februari 2022.


Penanaman pohon buah dan bunga itu sendiri ditujukan untuk menjaga kelestarian ekologi, sekaligus mendorong berkembangnya Desa Wisata Karangan. Kelestarian ekologi merupakan salah satu cita-cita dari jargon Meroket yang diusung oleh pasangan Bupati Trenggalek Mochammad Nur Arifin dan Wakil Bupati Syah M. Natanegara. 


Selain ekosistem, dua cita-cita lainnya adalah peningkatan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM. Sedangkan Desa Wisata sendiri di inisiasi untuk bisa menjadi daya ungkit perekonomian lokal. 


Bupati Trenggalek telah mengeluarkan surat edaran kewajiban untuk menanam pohon bagi setiap warga masyarakat, sebagai kompensasi gas buang yang dikeluarkan. Semakin padat aktifitas seseorang, maka semakin banyak pohon yang harus ditanam, seperti bupati sendiri harus menanam 50 pohon dalam kurun waktu 1 tahun.


"Guna mewujudkan Trenggalek Meroket, salah satunya adalah lingkungan hidupnya harus terjaga. Dan tentunya hal ini ditujukan untuk kemaslahatan masyarakat sendiri," ucapnya.


Hari ini melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, bekerjasama dengan desa binaannya (Desa Karangan), dilakukan penanaman pohon. Tentunya ini menjadi hal yang sangat luar biasa, itikad baik Dinas Kominfo untuk bisa membesarkan Desa Wisata Karangan.


"Mudah-mudahan, ini bisa terwujud," harapnya. 


Kepala Dinas Kominfo Trenggalek Edif Hayunan Siswanto menambahkan, hari ini keluarga besar Dinas Kominfo Kabupaten Trenggalek, bersama dengan Muspika Kecamatan Karangan dan juga kumpulan masyarakat Desa Karangan, datang untuk melestarikan lingkungan dengan menanam tanaman produktif dan tanaman hias. 


"Tadi juga ada pro lansia maupun PKK," terang mantan Camat Panggul itu, seraya menambahkan yang ditanam antara lain, durian, manggis, alpukat, terus bunga soka, dan masih banyak yang lain. Semua ini adalah dalam rangka mewujudkan Desa Karangan menjadi Desa Wisata. (Sar)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update