Notification

×

Iklan

Rismalena Terbaring Lesu, Berharap Bantuan dari Pemkab Sergai

Jumat, 18 Februari 2022 | 14:52 WIB Last Updated 2022-02-18T07:54:42Z

Rismalena kini hanya terbaring lesu, butuh bantuan dari Pemkab Sergai.


Sergai, Rakyatterkini.com - Bentuk tubuh yang mengecil dan kurus tampak terlihat dari seorang wanita yang bernama Rismalena (33) warga yang bertempat tinggal di Dusun 13 Meteran, Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara. 


Wanita yang kerap disapa Risma ini mengalami perubahan bentuk tubuh sejak empat tahun yang lalu. Ia pun tak mengetahui, penyakit apa yang dideritanya hingga sekarang ini. 


Raut wajah yang sedih, terlihat jelas saat ia meratapi kedua anaknya yang kian tumbuh dewasa. Namun disayangkan, lantaran keterbatasan dan penyakit yang mendera, membuat Risma hanya bisa terbaring di tempat tidur saja.


Saat wartawan menyambangi kediaman Risma, di balik jerjak besi jendela rumahnya, ia hanya bisa terbaring lemas di tempat tidur yang berada di ruang tamu rumahnya.


"Banyak yang bilang saya terkena penyakit tulang. Berubahnya bentuk fisik saya ini sudah terjadi sejak empat tahun yang lalu. Cuma yang parah sejak satu tahun belakangan ini," ujar Risma, Jumat (18/2/2022). 


Lanjut wanita yang memiliki dua orang anak ini mengatakan, beberapa waktu lalu dirinya masih bisa duduk di kursi roda. Namun, karena penyakit yang terus menggerogoti hingga saat ini, membuat dirinya hanya bisa terbaring  saat ini.


"Sakit saya ini pertama kali mulai terasa itu, saat saya selesai melahirkan anak kedua. Pada saat itu saya payah jalan, dan tulang saya sakit asal kena senggol, tenaga saya pun lemah," ujar Risma. 


Amatan wartawan, tidak bentuk tubuh kecil dan kurus saja, terlihat pada bagian kedua kaki Risma membengkok, begitu juga dengan kedua tangannya. 


"Saya ganjel bantal kaki saya ini, karena sudah bengkok bentuknya," ujar Risma. 


Ia kembali bercerita, pada saat dirinya belum menderita penyakit yang seperti saat ini, berat badan atau timbangan badannya sendiri mencapai 60 kilogram.  


"Karena sakit ini, timbangan berat badan saya pun menyusut terus hingga seperti sekarang ini," ujar Risma. 


Keluarga Risma sudah berulang kali membawanya untuk berobat ke rumah sakit yang berada di Kota Medan.


"Sudah pernah berobat, ke RSU Haji, dan RSUP Adam Malik. Saat itu, masih di rontgen dan ambil darah, cuma karena gak ada biaya jadi enggak tau hasilnya apa," ujar Risma sambil menahan tangis. 


Saat disinggung soal BPJS Kesehatan, Risma menambahkan dirinya telah memiliknya. Namun, karena dibayar secara mandiri dan keterbatasan biaya, sehingga iuran BPJS Kesehatan miliknya tertunggak hingga sekarang. 


"Sudah menunggak hingga beberapa bulan belum dibayarkan. Sekitar 6-7 bulan belum dibayar iuran BPJS Kesehatannya," ujar Risma lagi. 


Sementara itu, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengumpulkan biaya untuk berobat, suami Risma pun saat ini tengah merantau di Kota Jambi. 


"Suami merantau, karena ya itu tadi tidak ada biaya untuk mengobati saya dan untuk kebutuhan sehari-hari, jadi pergilah merantau," ujar Risma.


Sedangkan, disinggung kembali soal bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serdang Bedagai, terkait pengobatan atau hal yang lainnya terhadap dirinya dan keluarga, hingga sampai saat ini tidak ada. 


"Harapan saya pribadi, semoga saya segera sembuh dan diangkat penyakitnya ini. Kepada pemerintah daerah tentu memohon bantuannya. Kalau untuk pengobatan saya selama ini, itu biaya sendiri. Paling warga ada memberikan bantuan sembako," ujar Risma.


Meski mengalami perubahan bentuk tubuh, tak membuat nafsu Risma untuk mengkonsumsi makanan berkurang. 


Informasi yang diperoleh, yang menyiapkan segala kebutuhan Risma dan anak-anaknya yaitu ibunya, serta tetangga yang berada di sekitar tempat tinggalnya.


"Saya kalau makan lahap, selalu selera saya makan. Saat saya sedang sehat-sehatnya, saya seorang ibu rumah tangga saja. Saat ini, ibu saya yang membantu segala halnya, dan ibu juga bekerja di ladang untuk membantu mencukupi kebutuhan sehari-hari," ujar Risma. 


"Saya tidak ada riwayat sakit apapun, ini secara tiba-tiba saja. Tidak ada juga di dalam keluarga besar saya, yang sakit seperti saya ini," tutupnya.(hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update