Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jet Tempur Rusia Hadang Tiga Pesawat AL AS di Atas Laut Mediterania

Jumat, 18 Februari 2022 | 08:30 WIB Last Updated 2022-02-18T01:31:58Z

Pesawat tempur Rusia menghadang pesawat Angkatan Laut AS di atas laut Mediterania. (US Navy)


RAKYATTERKINI.COM – Pentagon mengatakan pada Rabu (16/2), pesawat Rusia menghadang tiga pesawat Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di Laut Mediterania.


Ini terjadi di saat ketegangan yang meningkat antara kedua negara atas penumpukan militer Rusia di sepanjang perbatasannya dengan Ukraina.


Meskipun interaksi semacam itu tidak jarang terjadi antara AS dan Rusia, namun hal itu terjadi pada saat yang sangat sulit dan di tengah kekhawatiran yang meningkat tentang kecelakaan atau salah perhitungan.


Pesawat Rusia mendekati tiga P-8A Angkatan Laut AS saat mereka terbang di wilayah udara internasional di atas Mediterania.


“Meskipun tidak ada yang terluka, interaksi seperti ini dapat mengakibatkan salah perhitungan dan kesalahan yang mengarah pada hasil yang lebih berbahaya. AS akan terus beroperasi dengan aman, profesional, dan konsisten dengan hukum internasional di perairan dan wilayah udara internasional. Kami berharap Rusia melakukan hal yang sama,” terang Kapten Mike Kafka, juru bicara Pentagon.


Dia pun langsung menghubungi pihak Rusia. “Kami dapat mengkonfirmasi bahwa selama akhir pekan lalu, tiga pesawat P-8A Angkatan Laut AS mengalami penghadangan tidak profesional oleh pesawat Rusia. 


Awak penerbangan AS terbang di wilayah udara internasional di atas Laut Mediterania pada saat penghadangan terjadi. Kami telah menyampaikan kekhawatiran kami kepada pejabat Rusia melalui saluran diplomatic,” lanjutnya, seperti dilansir okezone.com.


Seorang pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan dalam salah satu insiden pesawat Rusia datang hanya berjarak beberapa meter dari salah satu pesawat Angkatan Laut AS. Kejadian ini pertama kali dilaporkan oleh CNN.


Diketahui, AS memiliki sejumlah pesawat yang dekat dengan Ukraina, termasuk yang digunakan untuk mengumpulkan data intelijen tentang pembangunan Rusia. (*)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update