Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Payakumbuh Luncurkan Smart Tax, Diyakini PAD Meningkat

Rabu, 23 Februari 2022 | 23:24 WIB Last Updated 2022-02-24T01:56:37Z

Kota Payakumbuh luncurkan Smart Tax.


Payakumbuh, Rakyatterkini.com - Walikota Payakumbuh didampingi Sekretaris Daerah dan Kepala Bank Nagari Payakumbuh, launching penggunaan smart tax di rumah makan Sederhana, yang nantinya juga akan digunakan di seluruh rumah makan, restoran dan hotel yang ada di Kota Payakumbuh.


Smart tax merupakan layanan penyediaan perangkat berupa printer yang memiliki sistem operasi dan terhubung ke sistem pemerintah secara online. Yang digunakan untuk membantu pemerintah memantau semua transaksi disetiap aplikasi Point of Sales (POS) di toko/merchant, agar mendapatkan info laporan pendapatan dan jumlah pajak yang harus dibayarkan dari setiap toko/merchant.


Walikota Payakumbuh, Riza Falepi mengatakan, dengan smart tax ini akan banyak keuntungan yang didapat oleh wajib pajak itu sendiri. Salah satunya mereka bisa memantau setiap transaksi yang terjadi secara online dimana saja mereka berada.


"Ya, dengan adanya smart tax ini tentunya harapan kita PAD Kota Payakumbuh akan meningkat. Sebab pemerintah dapat memonitoring secara langsung transaksi yang terjadi di setiap tempat usaha yang menggunakannya," kata Wako Riza Falepi kepada media saat launcing smart tax di rumah makan Sederhana Payakumbuh, Rabu (23/02).


"Atas nama Pemko Payakumbuh, kita juga mengucapkan terima kasih kepada pengusaha restoran atas partisipasinya membayar pajak restoran dan rumah makan sesuai dengan perda kota payakumbuh nomor 9 tahun 2011 dengan tepat waktu," tambahnya lagi.


Walikota dua periode tersebut, mengajak masyarakat serta menegaskan kepada seluruh jajarannya agar makan di tempat-tempat yang sudah menggunakan smart tax ini. Sebab, dengan demikian secara tidak langsung masyarakat itu telah ikut membantu pemerintah berpartisipasi dalam peningkatan pembangunan daerah.


"Untuk apa kita makan di rumah makan yang tidak memberikan kontribusi untuk pembangunan daerah. Lebih baik kita arahkan tamu-tamu tersebut ke rumah makan yang penerimaannya jelas untuk meningkatkan PAD kita," terangnya.


Sementara itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Payakumbuh yang diwakili Sekretaris BKD Basnida Efrizal mengatakan, setiap usaha rumah makan, restoran dan hotel di Payakumbuh akan menggunakan smart tax ini. Karena hal tersebut sesuai dengan Peraturan Walikota (Perwako) nomor 38 tahun 2021.


"Tujuannya kan untuk meningkatkan transparansi penerimaan pajak daerah, serta meminimalisir terjadinya kebocoran pajak daerah itu sendiri, makanya kita mempermudah wajib pajak dengan sistem online ini," terangnya didampingi Kabid Pendapatan Nova Liza.


Basnida menjelaskan, sesuai Perwako 38 tahun 2021 tersebut, kalau ada rumah makan, restoran dan hotel yang melanggar aturan tersebut tentu akan ada sangsi yang akan diberikan.


Serta untuk lancarnya pemasangan smart tax tersebut, Sekretaris BKD menyebut Pemko Payakumbuh didukung oleh Bank Nagari Payakumbuh dan Telkomsel.


"Untuk peralatannya kita difasilitasi oleh Bank Nagari dan untuk jaringannya dari Telkomsel. Semoga dengan ini PAD Kota Payakumbuh bisa meningkat," pungkasnya. (Rdo)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update