Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin 27 Juni 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.841 21 101.470 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Nelayan Selamat dari Terjangan Ombak Dibantu Polsek Tanjung Beringin

Kamis, 24 Februari 2022 | 22:00 WIB Last Updated 2022-02-24T15:00:18Z

Polsek Tanjung Beringin, bantu nelayan selamat dari terjangan ombak besar di laut.
 

Sergai, Rakyatterkini.com - Polres Bedagai lewat Polsek Tanjung Beringin, bantu nelayan yang selamat setelah kapal motor nelayan tersebut, diterjang ombak besar saat mereka tengah melaut. Bentuk kepedulian polisi itu patut ditiru, dan menjadi inspirasi bagi jajaran kepolisian lainnya. 


"Awalnya kita dapat kabar dari anggota, kalau ada sampan nelayan asal Desa Nagur karam dihantam ombak besar. Dan, kita bersama aparat kepala desa langsung menyambangi ke rumah nelayan malang itu, sekaligus memberikan bantuan berupa sembako," tutur Kapolsek Tanjung Beringin, AKP. T. Sihombing, Kamis (24/2/2022).


Seperti informasi dihimpun Rakyatterkini.com menyebutkan, empat dari enam nelayan tradisional tersebut selamat dari maut. Sementara dua nelayan lainnya, Asrul dan Awaluddin, hingga berita ini ditayangkan, belum ditemukan.


Sedangkan nelayan yang selamat adalah, Ibrahim, M Kosim (62) Songah, Iswandi (45) M. Baiduri (26). Kapal nelayan bermesin dompeng itu dihantam ombak besar Kamis, 24 Februari 2022 sekitar pukul 01,30 Wib dini hari.


Salah seorang nelayan selamat, Ibrahim selaku tekong Sampan kepada wartawan mengemukakan, sebelum kejadian pada Rabu 23 Februari 2022 sekitar pukul 16.00 Wib, sampan bermesin donfeng yang di nahkodai bersama 5 orang rekannya yakni, M Kosim (62) Songah Iswandi (45) M Baiduri (26) Asrul dan Awaluddin, warga Dusun IV Desa Nagur, berangkat dari Jambur menuju laut untuk menjaring ikan beriringan dengan sampan nelayan lainnya.


Namun, pada Kamis  24 Februari 2022 sekitar pukul 01.00 Wib dinihari, pada posisi 26 mil arah Timur dari Dermaga Bagan Kuala Tanjung Beringin Bedagai, kapal yang di nakhodainya tenggelam dihempas ombak besar dan angin kencang, yang mengakibatkan sampan  tenggelam.


"Dan, keenam ABK terlempar ke laut," kata Ibrahim.


Ditambahkan, beberapa jam terombang-ambing di laut, dan Ibrahim seketika itu melihat sampan nelayan sedang berlabuh, yang tidak jauh bersebelahan dengan posisi mereka, dan berenang menghampiri sampan nelayan tersebut.


"Sampan yang didatanginya menyelamatkan mereka. Sementara 2 rekannya bernama hingga saat ini belum diketemukan. Masih dalam pencarian oleh nelayan lainnya." bebernya.


Bagai Sitawa Sidingin


Kehadiran Kapolsek Tanjung Beringin, AKP T Sihombing bersama personel di kediaman salah seorang nelayan yang selamat di Dusun IV Desa Nagur itu, atas kepedulian Polres Sergai kepada masyarakat, merupakan sitawa sidingin, obat pelerai hati yang duka.


Kapolres Sergai AKBP. Dr Ali Machfud, SIK, M.IK., melalui Kapolsek Tanjung Beringin, jangan dipandang nilainya, tapi ini adalah kepedulian nurasi bukti perhatian ke sesamanya. 


"Jadi, kita bersama-sama dengan rekan personel Polsek Tanjung Beringin didampingi Plt Kades Nagur, Muklis langsung menuju rumah nelayan dan memberi bantuan sembako," ucap AKP T Sihombing.


Bantuan tali kasih berupa sembako ini, diserahkan langsung bersama Plt Kades kepada nelayan yang selamat dan juga kepada nelayan yang saat ini masih dalam pencarian. (hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update