Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 1 Mei 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.787 105 101.335 2.347
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Gandeng FK-USU, Pemdes Cempedak Lobang Gelar Sunnatan Massal

Minggu, 13 Februari 2022 | 21:10 WIB Last Updated 2022-02-13T15:48:19Z

Begini suasana sunnatan massal di Desa Cempedak Lobang, Sergai.


Sergai, Rakyatterkini.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Cempedak Lobang bersama Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sumatera Utara (USU) Medan, menggelar Khitan Massal. Kegiatan itu diikuti sebanyak 150 orang anak di Halaman Rumah Kepala Desa Cempedak Lobang, Edi Muslih SH, tepatnya di Dusun I, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, Minggu (13/2/2022).


Kades Cempedak Lobang, Edi Muslih SH mengatakan, kegiatan bakti sosial sunatan massal anak yang ada di desa Cempedak Lobang bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU) dan menargetkan sebanyak 150 orang anak.


Sebelumnya, kegiatan ini selama dua hari dan ada tiga kegiatan, hari pertama Sabtu (12/2/2022) dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan telinga hidung dan tenggorokan (THT). Di  hari kedua ini, Minggu (13/2/2022) dilaksanakan kegiatan sunatan massal.


"Rencana 70 sampai 80 orang yang mau di sunat. Alhamdulillah, hari ini melebihi target. Anak yang disunat mencapai 150 orang. Ini luar biasa. Kegiatan kami ini tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes), karena ini program pemerintah," paparnya.


Edi Muslih selaku Kepala Desa menjelaskan bagi anak yang akan disunat harus sudah diberikan vaksin.


"Bagi anak yang akan dikhitan dapat membawa surat vaksin. Dan ini merupakan persyaratan bagi anak yang akan disunat massal," terangnya.


Sementara, pimpinan rombongan dari Fakultas Kedokteran USU dr. Ari Muradi SpB KBD kepada media mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, khususnya Warga Cempedak lobang yang begitu antusias untuk anaknya dikhitan. 


"Rencananya kami menargetkan sekitar 70 sampai 80 orang, namun ini membeludak mencapai 150 bahkan lebih," kata dr Ari.


Ari juga mengatakan kegiatan ini bersama tim medis Fakultas Kedokteran USU untuk mengabdikan kepada masyarakat melalui bakti sosial pemeriksaan kesehatan dan sunat masal ini. 


"Soal tenaga medis di sini, sudah kami siapkan dan seandainya kurang, maka kami telah bekerja sama dengan Pemkab Sergai melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas Kecamatan Sei Rampah. Jadi, untuk tenaga medis tidak ada masalah," ujarnya lagi. (hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update