Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kick off Vaksin Booster Wonogiri Dimulai, Sasaran Pertama Lansia

Jumat, 14 Januari 2022 | 21:08 WIB Last Updated 2022-01-14T14:08:03Z

Polisi membantu lansia yang akan divaksinasi booster di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat (14/1).


Wonogiri, Rakyatterkini.com - Vaksinasi Covid-19 dosis ketiga alias booster akhirnya digelar di Wonogiri. Kick off dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Jumat 14 Januari 2022.


Vaksin booster untuk kali ini menyasar para lansia terlebih dahulu. Sejumlah unsur Forkompimda memantau langsung vaksinasi itu. Di antaranya Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto maupun Dandim 0728/Wonogiri Letkol Inf Rivan Rembudito Rifai.


Bupati Wonogiri Joko Sutopo alias Jekek mengatakan lansia disasar untuk mendapatkan booster terlebih dahulu. Alasannya lansia beresiko jika terpapar Covid-19, apalagi saat ini ada sejumlah varian dari virus Corona.


Selain itu, juga sesuai dengan petunjuk dari pusat supaya dilakukan vaksinasi booster dimana lansia menjadi sasaran utamanya. Itu juga perwujudan pemerintah hadir untuk memberikan perlindungan bagi warganya.


“Targetnya ada 208 ribu lansia yang ada di Wonogiri. Itu jumlah lansia yang ada di Wonogiri,” ujar bupati. 


Dia menjelaskan, booster bagi ratusan ribu lansia tidak bisa begitu saja dilakukan. Pasalnya, harus ada jeda enam bulan setelah suntikan vaksin dosis kedua agar lansia bisa mendapatkan suntikan booster. 


Karena itu pihaknya kini melakukan pengklasteran dimana para lansia didata kapan mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua.


Pada kick off vaksinasi yang digelar, awalnya ditargetkan ada 1.500 lansia yang divaksin dalam satu hari di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.


Masyarakat yang datang ke lokasi vaksin memang tinggi. Bahkan, kursi yang disediakan pun ditambah. Sebagian lansia datang sendiri sementara sebagian lainnya ada yang diantar oleh keluarganya.


“Vaksin yang digunakan untuk booster saat ini AstraZeneca,” terang bupati. 


Bupati memastikan kebutuhan vaksin yang digunakan untuk booster bakal mencukupi, sebab, Kementerian Kesehatan dan Provinsi menjamin ketersediaan vaksin.


Strategi vaksinasi booster yang dilakukan oleh Pemkab Wonogiri selanjutnya akan sama seperti vaksinasi sebelumnya. Yakni dengan melakukan vaksinasi di 25 Kantor Kecamatan yang merupakan simbol pemerintahan. Yang jelas, vaksinasi bakal dilakukan dengan semangat gotong royong antara Pemkab, TNI/Polri hingga Kejaksaan Negeri.


“Itu agar ada edukasi publik. Ini adalah kewajiban bagi masyarakat, jangan sampai ada sesuatu yang bersifat provokatif. Maka kami gelar vaksinasi kami gelar di simbol-simbol pemerintahan yang kita kolaborasikan, jajaran Forkompimda hadir sebagai bentuk komitmen bersama apa yang menjadi kewajiban pemerintah,” terangnya. 


Dia juga menuturkan, vaksin booster yang disuntikkan kepada lansia sudah sesuai dengan pedoman dari pusat. Dengan begitu, vaksinasi dipastikan aman bagi lansia. (sar) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update