Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Jumat 1 Juli 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
103.852 25 101.477 2.350
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Jumat Berkah, Kades dan Warga Bersih-bersih di Wisata Tani Panteng Kleset

Jumat, 28 Januari 2022 | 15:14 WIB Last Updated 2022-01-28T08:14:39Z

Kades bersama warga bersih-bersih.


Sergai, Rakyatterkini.com - Menjaga kelestarian lingkungan terutama di areal lokasi wisata Tani Melati 2 Panteng Kleset, di Dusun Sei Tontong 2 melaksanakan kegiatan bersih-bersih, Jumat 28 Januari 2022.


Kegiatan rutinitas setiap Jumat yang penuh berkah ini, seluruh jajaran dari pemerintahan Desa Melati 2, Babinsa, Babinkamtibmas Desa Melati 2 di bantu oleh warga, BPD, LKMD dan Kepala Dusun ikut bergotong-royong bersama-sama.


Adapun kegiatan Jumat bersih penuh berkah adalah membersihkan pelantaran areal Wisata Tani Melati 2 Panteng Kleset sekaligus pemasangan pagar bambu.


Kepala Desa Melati 2 Supardi kepada wartawan menerangkan, kegiatan ini sudah menjadi rutinitas setiap Jumatnya dengan membersihkan ataupun merawat lokasi yang salah satu sudah menjadi Ikon dari Desa Melati 2 Panteng Kleset. 


"Ditambahnya, jika debit air besar mengakibatkan sebagian wilayah desa kebanjiran bahkan tanggul sungai sering pecah," katanya. 


Dengan seringnya kebanjiran rumah  warga, kami dari pemerintahan desa dan warga serta melibatkan tokoh-tokoh yang ada untuk berdiskusi, bagaimana caranya agar tanggul tidak pecah dan rumah warga tidak kebanjiran lagi.


Sebelum ada Panten Kleset seperti sekarang ini, bukan hanya banjir saja tetapi sering terjadi tindak kejahatan seperti, perampokan dan begal di lokasi ini. 


Kemudian, melalui diskusi bersama tercetuslah ide dan kesepakatan seluruh warga Desa Melati 2, agar Tanggul Sungai Tongtong di rawat, serta dijadikan lokasi Wisata Tani sebagai ikon Desa Melati 2 ini dan hingga saat sekarang.


"Alhamdulillah sampai saat ini masih bisa dipertahankan dan kami rawat bersama dengan masyarakat sekitar, terutama warga dusun Sei Tontong 2 ini. Walaupun beberapa tahun belakangan ini lokasi di tutup karena masa Pandemi Covid-19."


Jika sudah terbebas dan aman dari Covid-19, lokasi Wisata Tani Melati 2 Panteng Kleset akan di buka seperti biasa, harap kades sembari menyudahi.


Gotong royong tersebut berjalan dengan serius tetapi santai, terlihat keseriusan para warga masyarakat, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan tidak ketinggalan para ibu kader PKK Desa melati 2.


Jumat Berkah Panteng Kleset Melati 2 tersebut, tokoh masyarakat Sabran sembari mengatakan, kegiatan gotong royong yang di laksanakan setiap hari Jumat bersih penuh berkah ini, sudah menjadi rutinitas warga masyarakat Desa Melati 2. 


Setiap Jumat kegiatan gotong royong ini bergilir ke setiap dusun yang ada di Desa Melati 2 dan bertepatan pada hari ini. Kegiatan gotong royong dilaksanakan di Dusun Sei Tontong 2,"ucap Sabran mengakhiri. (hrp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update