Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Kamis, 13 Januari 2022 20:00 WIB


Positif Aktif Sembuh Meninggal
89.881 13 87.714 2.154
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Bendungan Tugu Trenggalek Potensi Jadi Lokasi Wisata

Sabtu, 08 Januari 2022 | 17:01 WIB Last Updated 2022-01-08T10:01:18Z

Bendungan Tugu Trenggalek.  (foto Rakyatterkini.com)

Trenggalek, Rakyatterkini.com -  Bendungan Tugu, di Desa Nglinggis, Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek, telah diresmikan pada 30 Nopember 2021 lalu. 


Keberadaan Bendungan Tugu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani, karena adanya kecukupan air dari aliran irigasi yang dihasilkan dari bendungan ini. 


Selain itu, keberadaan bendungan juga dapat dimanfaatkan untuk memenuhi penyediaan air baku, mengurangi risiko banjir tahunan, pembangkit listrik tenaga mikrohidro dan tempat rekreasi bagi warga Trenggalek dan sekitarnya.


Lokasi bendungan Tugu berjarak sekitar 17 kilo meter arah barat dari pusat kota Trenggalek, dan berada di pinggir jalan nasional Trenggalek-Ponorogo membuatnya mudah diakses. Baik oleh sepeda motor maupun kendaraan besar sejenis bus.


Pihak pengelola Bendungan Tugu juga telah menyiapkan konsep agar Bendungan Tugu bisa maksimal sebagai obyek wisata.


Nantinya, wisatawan yang ingin menikmati Bendungan Tugu bisa memarkir kendaraannya di area peristirahatan Anjungan Cerdas. area ini berada tepat bersebelahan dengan Bendungan Tugu.


Bangunan yang dikelola oleh Pemprov Jatim ini nantinya akan menjadi pintu masuk bagi wisatawan menuju Bendungan Tugu.


Selain tempat parkir, Anjungan Cerdas juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang lain, seperti stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan aula. 


Dari salah satu titik di Anjungan Cerdas, wisatawan sudah bisa menikmati lanskap indah di Bendungan Tugu secara lebih luas.Lanskap ini terasa sempurna ketika genangan air di area waduk telah terisi penuh.


Selain itu, pemandangan utuh Bendungan Tugu juga bisa dinikmati dari menara pandang di area fasilitas umum Bendungan Tugu. Menara pandang ini didesain mengikuti kearifan lokal dengan tinggi sekitar 8 meter. 


Pelaksana Teknik PPK Bendungan III, Farullah Hasby kepada Rakyatterkini.com melalui pesan WhatsApp, Sabtu 8 Januari 2022 mengatakan, menara pandang Bendungan Tugu didesain mengikuti kearifan lokal. 


"Fungsi menara pandang ini untuk memantau secara visual keseluruhan area Bendungan Tugu dan di desain mengikuti kearifan lokal," kata Hasby


Disinggung kapan Bendungan Tugu itu akan dibuka untuk umum, Hasby mengatakan, belum mengetahui, karena belum ada arahan dari pimpinan, jelasnya. 


Bagi warga, potensi wisata di Bendungan Tugu merupakan salah satu manfaat yang ditunggu-tunggu.


Beberapa orang menyampaikan ketidaksabarannya untuk datang ke Bendungan Tugu jika telah dibuka untuk umum.


“Sampai sekarang masyarakat hanya bisa melihat di pinggir jalan sekitar waduk," ucap Dani warga Ponorogo.


Sementara salah seorang warga Desa Nglinggis berharap adanya potensi wisata bakal mendongkrak ekonomi warga sekitar.


“Semoga Bendungan Tugu akan menambah keberkahan dan manfaat, khususnya buat warga Desa Nglinggis," harapnya. (sar) 



IKLAN



×
Berita Terbaru Update