Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Masalah Banjir, Bupati Sergai Ajak Pengusaha Bersinergi

Kamis, 11 November 2021 | 09:59 WIB Last Updated 2021-11-11T02:59:15Z

Bupati Sergai, Darma Wijaya ajak pengusaha bersinergi tanggulangi masalah banjir.


Sergai, Rakyatterkini.com - Bencana banjir di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mendapat perhatian serius dari pemerintah setempat.


Koordinasi untuk mencari solusi aktif digelar, salah satunya dalam rapat koordinasi (rakor) antara Pemkab Sergai dengan para pengusaha, Rabu (10/11/2021).


“Sejak Kabupaten Sergai berdiri 17 tahun lalu, banjir adalah permasalahan tahunan yang saat ini masih terus berusaha dicarikan solusi terbaiknya. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami, terutama bagaimana menanggulanginya di area yang menjadi langganan banjir seperti Sei Rampah dan Tanjung Beringin, ”ucap Bupati Sergai, Darma Wijaya.


Dijelaskan, salah satu faktor utama yang menjadi penyebab bencana banjir adalah akibat sendimen sungai yang dangkal, dan tidak pernah dikorek sehingga mengakibatkan luapan air yang mengalir ke area rumah penduduk saat intensitas hujan tinggi.


Bupati mengakui pemerintah tidak bisa bekerja sendirian untuk mengatasi permasalahan ini. Dibutuhkan sinergi dan kerja sama dari para stakeholder, terutama dari kalangan pengusaha yang menjalankan kegiatan ekonomi di bumi Sergai.


“Dampak banjir ini benar-benar dirasakan oleh masyarakat. Sebenarnya pemerintah pusat sudah berencana melakukan normalisasi sungai sebagai solusi banjir, akan tetapi hal tersebut baru dilaksanakan tahun depan. Dikarenakan saat ini kita menghadapi situasi kedaruratan, maka dari itu perlu dilakukan tindakan segera,” ucapnya lagi.


Bupati meminta kepada pengusaha dan pihak perusahaan, agar ikut turut serta berkontribusi untuk masyarakat Sergai, salah satunya lewat mekanisme Corporate Social Responsibility (CSR) yang sudah dimiliki oleh rata-rata perusahaan.


Dalam kesempatan ini, bantuan logistik seperti sembako memang penting, tapi akan jauh lebih bermanfaat jika bisa dicarikan solusi untuk akar permasalahan banjir ini. 


"Saya mengajak saudara-saudara sekalian bergotong royong untuk menghadapi permasalahan ini. Dengan bergotong royong, kendala apapun akan jadi lebih ringan dihadapi, "ujarnya.


Sekdakab Sergai, Faisal Hasrimy, mengharapkan keikutsertaan pihak perusahaan untuk menanggulangi permasalah banjir lewat bantuan CSR, baik kepada masyarakat secara langsung maupun lewat normalisasi banjir.


“Misalnya saja teman-teman sekalian bisa memberikan bantuan berupa alat berat yang diperuntukkan mengeruk ataupun melakukan normalisasi daerah aliran sungai yang terdampak musibah banjir. Insya Allah jika kita bergandeng tangan, ini semua dapat kita atasi." (hrp)




×
Berita Terbaru Update