Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Kejari Indramayu Teken MoU dengan PT Pegadaian Kantor Area Cirebon

Kamis, 07 Oktober 2021 | 19:53 WIB Last Updated 2021-10-07T12:53:46Z
Kejari Indramayu jalin kerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Kantor Area Cirebon.

Indramayu, Rakyatterkini.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Indramayu melakukan penandatanganan kesepakatan bersama PT Pegadaian (Persero) Kantor Area Cirebon, tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata & Tata Usaha Negara (DATUN), Kamis 7 Oktober 2021.


Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu, Denny Achmad mengatakan, berdasarkan undang-undang nomor 16 Tahun 2014, Kejaksaan Negeri tidak hanya menangani tuntutan, tetapi di Pasal 30 ayat 2 menyebutkan Kejaksaan memiliki fungsi perdata dalam hal ini tata usaha negara.


Fungsi itulah yang terkadang tidak diketahui oleh masyarakat umum, terutama masyarakat yang diamanahkan terkait Pemerintahan Daerah tentang BUMN dan BUMD, padahal Kejaksaan memiliki kewenangan untuk penegakan hukum, maupun pendampingan hukum, penindakan hukum serta hukum lainnya dalam menyelamatkan keuangan negara.


Peran inilah yang ingin digalakkan, karena begitu pentingnya kolaborasi yang diciptakan, hal itu akan menghasilkan kinerja yang optimal dibidang masing-masing.


Denny berharap, dengan adanya kolaborasi ini pihak Kejari Indramayu dengan PT Pegadaian dapat memaksimalkan tupoksi masing-masing.


Hal senada juga disampaikan oleh Nopridiansyah, Kepala Seksi Datun Kejari Indramayu, saat diwawancara usai kegiatan. 


Sementara dalam kesempatan yang sama, Lilis Sulistiyawati selaku pimpinan cabang pegadaian Indramayu menuturkan, ditandatanganinya MoU itu merupakan hal yang positif, karena menurutnya kerjasama tersebut dinilai sangat membantu bagi kelancaran kinerja Pegadaian, khususnya di Indramayu.


Dia menambahkan, banyak kendala yang dialami oleh pegadaian, dalam hal ini kredit macet, untuk itu kata dia, dengan adanya MoU dengan pihak Kejaksaan, diharapkan kedepannya lebih tertib lagi sehingga menghasilkan yang optimal.


Lilis berharap, kedepan kasus kredit macet di PT Pegadaian tidak bertambah banyak, dan masyarakat lebih merasa aman dan nyaman bertransaksi dengan PT Pegadaian, karena sudah ada kerjasama dengan Kejaksaan sehingga tidak ada keraguan untuk bertransaksi dengan PT Pegadaian.


Pimpinan Cabang Pegadaian Syariah Pasar Baru Indramayu, Sohirin yang turut hadir dalam MoU tersebut menjelaskan bahwa Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini bertujuan pula untuk meminimalisir kerugian yang akan terjadi. (Slamet)




×
Berita Terbaru Update