Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Perangi Covid-19, Limapuluh Kota Perkuat Sinergitas

Senin, 27 September 2021 | 11:04 WIB Last Updated 2021-09-27T04:05:25Z

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat rapat koordinasi.


Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com  -  Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota, terus bergerak memerangi Covid 19 di wilayahnya, salah satunya dengan melakukan berbagai upaya pencegahan termasuk memperkuat sinergitas lintas sektor.


Demikian disampaikan, Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat berbincang-bincang dengan wartawan media ini terkait penanganan Covid 19 di Kabupaten Limapuluh Kota.


Safaruddin menyebutkan, masalah covid ini menjadi perioritas utama karena sampai saat ini masih saja ada warga yang terpapar covid 19.


Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam mengurang covid 19 ini sebut Safaruddin, diperlukan kesadaran semua pihak termasuk OPD terkait dan satgas covid baik di tingkat Kecamatan maupun di tingkat nagari.



"Satgas Covid tingkat kecamatan dan nagari harus kita aktifkan sehingga Covid ini betul-betul makin hari makin berkurang," katanya.


Selanjutnya diperlukan cepat tanggap dalam melayani masyarakat, salah satunya dalam upaya  percepatan vaksinasi terhadap masyarakat.


Menurutnya, dengan tercapainya target vaksinasi di Kabupaten Limapuluh Kota, insyaallah nantinya dapat mengurangi resiko penyebaran covid 19.


"Tugas kita sekarang bagaimana menggerakkan masyarakat agar mau untuk di vaksin dan pada akhirnya tujuannya adalah menggerakkan kembali ekomoni masyarakat, "sebutnya.



Dijelaskan oleh Bupati, hingga saat ini Pemerintah kabupaten Limapuluh Kota, telah mengambil berbagai langkah untuk menanggulangi dampak covid-19 salah satunya mengcarkan sosilaisasi turun ke nagari nagari memberi pemahaman tentang kesadaran terhadap protokol kesehatan kemudian menfasilitasi agar masyarakat di Limapuluh mau untuk divaksin.


"Diharapkan, langkah-langkah tersebut bisa diketahui dan diduplikasi oleh masyarakat dengan skala kemampuan dan juga kewenangannya masing-masing," katanya.


Lebih lanjut, ia menerangkan masyarakat juga bisa ikut andil  bergotong royong membantu Pemerintah mencegah penyebaran virus covid-19. "Mari bersama-sama kita nyatakan perang melawan covid," kata Safaruddin.


Vaksinasi juga digencarkan di sekolah


Tak hanya menyasar masyarakat, Pemkab Limapuluh Kota juga melakukan vaksinasi ke sekolah-sekolah, seperti gebyar vaksinasi dalam rangka HUT ke-66 yang digelar di SMA Negeri 1 Harau.


Hakekatnya mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran virus Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Limapuluh Kota, Rizki Kurniawan Nakasri (RKN) saat melakukan peninjauan vaksinasi yang digelar Jumat pagi 24 September 2021.



Menurut RKN, vaksinasi tidak saja dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, namun juga berkaitan dengan upaya membangkitkan sektor ekonomi yang terpuruk akibat dampak pandemi Covid-19. 


Untuk itu ia mendukung seluruh lapisan masyarakat, termasuk warga sekolah dan orang tua/wali murid mendukung pelaksanaan vaksinasi bagi peserta didik di Kabupaten Limapuluh Kota.


Sebab Kabupaten Limapuluh Kota dari data yang diperoleh beberapa waktu lalu masih berada diurutan 13 di Sumatera Barat dalam capain vaksinasi, untuk itu kita terus mendorong berbagai pihak untuk mendukung program Pemerintah ini dalam menciptakan kekebalan komunitas/kelompok atau bersama.


”Iya, dari data yang saya peroleh seminggu yang lalu kita (Kabupaten Limapuluh Kota, red) masih berada diurutan 13 dalam capaian target vaksinasi. Semoga dengan percepatan yang terus kita lakukan ini akan tercipta kekebalan komunitas agar semua kita terlindung dan ekonomi kembali bergeliat. Sebab 80 persen yang telah divaksin, secara teori akan mampu melindungi semuanya, ”ucap Wakil Bupati RKN.


Ia juga menambahkan, dengan gencarnya vaksinasi yang digelar oleh berbagai pihak, termasuk dukungan dari masyarakat, pelajar dan orang tua, diharapkan dapat mendorong percepatan vaksinasi.


”Semua pihak kita dorong untuk mendukung percepatan vaksinasi di daerah kita, sehingga kita bisa mengejar ketertinggalan. Mari semua sukseskan vaksinasi, jangan takut ataupun ragu, ”ucapnya. (rdo)




×
Berita Terbaru Update