Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Warga Protes, BST Tidak Terima, Padahal Terdaftar Sebagai Penerima

Rabu, 11 Agustus 2021 | 13:04 WIB Last Updated 2021-08-11T06:04:43Z
Warga protes, BST tidak terima, padahal terdaftar sebagai penerima.


Mentawai, Rakyatterkini.com - Bantuan Sosial Tunai (BST) periode Mei-Juni 2021 mulai disalurkan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Pembagian berlangsung di Kantor Pos Km 1 Tuapejat, Selasa 10 Agustus 2021.


Namun, program pemerintah pusat ini menuai protes dari beberapa warga Desa Tuapejat karena sebagian warga tidak menerima bantuan tersebut. Warga sempat mengadu dengan mendatangi Kantor Dinas Sosial Kepulauan Mentawai.


Sikap protes beberapa warga yang mendominasi ibu rumah tangga itu terkait BST bulan lalu sempat mereka terima. Namun pada periode Mei – Juni ini justru mereka tidak menerima. Sementara nama mereka terdaftar sebagai penerima BST.


Hal itu diutarakan salah satu warga Desa Tuapejat, Tince Risma (32) saat wartawan meminta keterangan Selasa, 10 Agustus 2021.


“Nama kami ada dalam daftar penerima BST, tapi kok tidak mau mereka bayarkan. Alasan mereka itu apa. Kami tetap akan tuntut, kecuali nama kami tidak terdaftar dalam bantuan tersebut, ”ujarnya.


Senada dengan Norma (34), ia sangat kecewa, data kami dalam DTKS pusat ada, tapi nyatanya sekarang ini kami tidak terdaftar dalam proses pencairan bantuan saat ini.


“Kami memohon kepada Dinas Sosial agar mencarikan solusi yang tepat untuk kami, mengapa ada sebagian warga yang tidak menerima, ”pungkasnya.


Saat warga mengadu, Pihak Dinas Sosial mengatakan pemberitahuan verifikasi dari pemerintah pusat sudah diberitahukan ke Desa. Padahal nama kami jelas-jelas terdaftar sebagai penerima BST. Kami ini seolah-olah dibodoh-bodohi dan dipermainkan, alasan mereka tidak jelas, ungkap Norma kepada wartawan.


Saat dikonfirmasi, Koordinator Lapangan (Korlap) Pos, Syaiful membenarkan, nama-nama warga tersebut memang terdaftar sebagai penerima, namun ada edaran dari Dinsos Kepulauan Mentawai agar pihak pos menunda pembayaran BST tersebut.


“Kami pihak Pos hanya sebagai penyalur. Dan jika sudah ada perintah dari Dinsos, maka kami siap bayarkan karena anggarannya ada dan nama warga 15 orang itu memang terdaftar sebagai penerima”, ucap Syaiful.


“Kalau sudah ada data terbaru dari Dinsos, kami akan salurkan hingga hari Jumat ke depan”, terangnya.


Terpisah, Kepala Dinas melalui Kabid Sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan perlindungan anak Mentawai Lucianus Taelagat mengatakan, Dinas Sosial telah menerima laporan dari pihak Pos dan pihak Pemdes Tuapejat.


Pihaknya akan menggelar rapat dan menelusuri data secepatnya untuk membahas terkait masalah yang terjadi dalam penyaluran BST.


“Iya. Masalah ini akan kami rapatkan dengan pimpinan. Dan hasilnya nanti akan kita edarkan dan akan kita sampaikan kepada masyarakat”, ujar Lucianus.


Pada periode sebelumnya penerima BST khususnya warga Desa Tuapejat sebanyak 256 KK penerima manfaat, dan periode Mei-Juni terjadi pengurangan data menjadi 240 KPM. (jaibi)




×
Berita Terbaru Update