Notification

×

Iklan

Daun Sungkai, Peningkat Kekebalan Tubuh

Jumat, 30 Juli 2021 | 11:09 WIB Last Updated 2021-07-30T04:09:08Z

Daun Sungkai.


Padang, Rakyatterkini.com - Diduga bisa melawan virus, daun sungkai dinyakini bisa meningkatkan imunitas tubuh. Tanaman khas Kalimantan dan Sumatera bisa dengan mudah ditemukan di beberapa daerah, termasuk di Sumatera Barat.


Daun sungkai ini, diyakini bisa mengobati demam, kesuburan untuk para ibu-ibu muda dan baru-baru ini santer diberitakan juga bisa mengobati virus Corona.


Khasiatnya mengobati virus covid-19, sudah banyak terbukti dan orang-orang yang terpapar Covid bisa sembuh setelah meminum air rebusan daun sungai.


"Saya juga telah membuktikan khasiat air rebusan daun sungai, setelah dinyatakan positif Covid dan isolasi di rumah, saya meminum air rebusan daun sungai. Alhamdulillah, beberapa hari meminum daun sungkai, deman saya hilang dan hasil swab dinyatakan negatif, "ujar Ramli, warga Gunung Pangilun, Padang.


Diceritakan, sebelum minum air rebusan daun sungkai, ia menderita demam meriang, kepala sakit dan susah makan. Ini dirasakan hingga empat hari, tapi setelah dapat kiriman daun sungkai dari kampung, ia langsung merebusnya dan meminum airnya.


"Alhamdulillah saya sembuh dan hasil swab negatif, "ujar Ramli. Ia menyakini rebusan daun sungai bisa penangkal virus, apalagi rasanya agak pahit-pahitan.


Mengutip mhomecare.co.id, sungkai merupakan salah satu tumbuhan asli Kalimantan. Tanaman ini juga bisa dijumpai di daerah Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatra Selatan, dan Jawa Barat.


Sungkai banyak tumbuh di hutan sekunder pada berbagai jenis tanah. Tapi biasanya, sungkai tumbuh pada tanah yang cukup mengandung air, seperti di tepi sungai dan secara bermusiman tergenang air tawar.


Tanaman itu merupakan jenis kayu-kayuan yang bisa mencapai tinggi 20-30 meter, dengan diameter batang mencapai 60 cm atau lebih. Tinggi batang bebas cabang bisa mencapai 15 meter.


Daun muda tanaman ini sering digunakan sebagai obat saat anak-anak demam dan sakit kepala serta sakit gigi, asma, bahkan penyakit kulit seperti panu. Rebusan daun muda sungkai juga dipercaya berkhasiat untuk memperlancar haid pada perempuan dan membantu tingkat kesuburan rahim wanita.


Ariefa Primair Yani, dalam penelitiannya berjudul "Uji Potensi Daun Muda Sungkai (Peronema canescens) untuk kesehatan (imunitas) pada Mencit (Mus.muculus)" mengatakan sungkai sering juga disebut sebagai jati sabrang, ki sabrang, kurus sungkai, atau sekai. Tumbuhan ini termasuk dalam famili Verbenaceae.


Tumbuhan ini oleh suku Dayak Kalimantan sampai saat ini masih kerap digunakan untuk pengobatan maupun perawatan kesehatan. Mereka bisanya menggunakan daun muda sungkai untuk obat pilek, demam, cacingan (ringworms).


Daun muda tumbuhan ini juga dijadikan untuk memandikan wanita selepas bersalin. Selain itu, daun muda sungkai biasanya juga digunakan untuk obat kumur pencegah sakit gigi.


Di wilayah Sumatra Selatan dan Lampung, daun sungkai biasanya digunakan sebagai antiplasmodium dan obat demam. Suku Serawai Bengkulu, bisanya menggunakan daun sungkai untuk obat memas. Sedangkan suku Lembak Bengkulu biasanya menggunakan daun muda sungkai untuk penurun panas, malaria, dan menjaga kesehatan.


Kandungan dalam daun tumbuhan ini, menurut Ariefa, punya khasiat meningkatkan sistem imun tubuh. Menurut dia, untuk menurunkan panas, biasanya masyarakat menggunakannya segenggam tangan orang dewasa dengan sekali konsumsi.


Menurut Ariefa, dari hasil uji coba ke mencit menunjukkan sel darah putih (leukosit) mencit meningkat. Meningkatnya sel darah putih, kata dia, bisa digunakan tubuh untuk melawan berbagai penyakit infeksi.


Daun sungkai terkenal sebagai obat mujarab bagi wanita yang menginginkan momongan. Daun ini berkhasiat menambah kesuburan. 


Dari hasil penelitian dan sejumlah informasi produk itu, tak ada salahnya ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih serius. 


Siapa tahu, dari penelitian itu, daun sungkai itu memang benar bisa digunakan untuk menangkal virus corona yang hingga kini belum ditemukan obatnya. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update