Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 14 September 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
88.400 2.552 83.778 2.070
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Desa Saribu Gonjong Limapuluh Kota Raih API Terpopuler

Minggu, 06 Juni 2021 | 13:53 WIB Last Updated 2021-06-06T06:53:41Z
Desa Saribu Gonjong, Sungai Dadok, Koto Tinggi raih API terpopuler.

RAKYATTERKINI.COM - Desa Saribu Gonjong (Sarugo) di Sungai Dadok, Koto Tinggi, Limapuluh Kota, menjadi juara dua kota adat terpopuler versi Anugerah Pesona Indonesia (API).


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Limapuluh Kota kini giat melakukan pembenahan untuk mendukung desa tersebut menjadi destinasi wisata. 


Desa 'Sarugo' dikenal karena masih memiliki banyak bangunan rumah adat dengan lima gonjong yang melambangkan lima rukun Islam. Lingkungan desa masih asri, di kawasan pegunungan dan memiliki kebun jeruk siam.


Desa 'Sarugo' jauh dari pusat kota dan belum tersentuh sinyal operator seluler. Kondisi ini malah memberi keunikan bagi desa karena warga khususnya anak-anak masih melestarikan permainan tradisional.


Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin, mengatakan, pemerintah bakal memperbaiki infrastruktur jalan dan sanitasi Desa 'Sarugo'. Begitu juga akses transportasi untuk mendukung desa menjadi destinasi unggulan.


“Banyak faktor penunjang yang harus dilakukan agar desa menjadi desa unggulan,” kata Safaruddin, usai menyerahkan tropi API ke warga kampung, Sabtu 5 Juni 2021.


Bupati bahkan menyampaikan apresiasi kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang telah membina desa itu.


Rektor UMSB, Riki Saputra, mengatakan, keluarnya Desa Sarugo menjadi kota adat terpopuler API, yang diumumkan di NTT belum lama ini di luar ekspektasi. Sebab kampus selama ini membina kampung bukan untuk kepentingan pragmatis.


“Ke depan kita akan membentuk nagari-nagari binaan lain,” kata Riki. Wisatawan bisa berkunjung ke Desa 'Sarugo' yang asri. Bahkan wisatawan bisa menginap di rumah-rumah adat lima gonjong yang menyediakan homestay. (inews)




×
Berita Terbaru Update