Notification

×

Iklan

Zona Oranye, Objek Wisata Pessel Ditutup, Salat Idul Fitri di Rumah Saja

Selasa, 11 Mei 2021 | 22:16 WIB Last Updated 2021-05-11T15:16:23Z

Pj Sekda Pesisir Selatan, Emirda Ziswati.

Pesisir Selatan, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dan 14 kota/kabupaten lainnya di Sumatera Barat, tidak menggelar salat idul fitri di masjid/mushalla atau lapangan, sebab dinyatakan status zona oranye (risiko sedang) penularan Covid-19.


Selain itu, pemerintah setempat juga menyatakan, menutup semua objek wisata yang ada di daerahnya mulai 12 sampai 16 Mei 2021.


"Pesisir Selatan, berada di zona oranye, maka salat hari raya idul fitri dilaksanakan di rumah masing masing dan seluruh objek wisata ditutup, "kata Pj. Sekda, Emirda Ziswati, Selasa 11 Mei 2021.


Kebijakan tersebut diputuskan berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 07 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H/2021 M disaat Pandemi Covid, menjelaskan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1442 H di daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid 19 tergolong tinggi (Zona Merah dan Zona Oranye) agar dilakukan di rumah masing-masing.


Ini ditegaskan kembali Surat Edaran Gubernur Sumatera Barat Nomor 08/Ed/GSB-2021 pada 6 Mei 2021, dan hasil rapat dengan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dihadiri Ketua MUI.


Kepala Kemenag, pengurus PHBI, Dewan Masjid Indonesia (DMI), memutuskan, untuk mentaati surat edaran Menteri Agama dan Gubernur Sumatera Barat, yaitu tidak melaksanakan salat hari raya Idul Fitri di lapangan dan masjid pada tahun ini.


"Atas nama pemerintah kami mengimbau agar masyarakat memahami kondisi ini dan mematuhinya karena memang kondisi Covid-19 yang belum membaik, "katanya.


Ditambahkannya, sebenarnya sejak seminggu lalu pemerintah bersama pengurus PHBI telah menyiapkan rencana salat ied di Stadion H. Ilyas Yakub dengan menghadirkan khatib Prof. Duski Samad, Ketua DMI Sumatera Barat, dan imam salat Refri. Tapi hal tersebut terpaksa dibatalkan. (gp)



IKLAN



×
Berita Terbaru Update