Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
61.350 8.430 51.585 1.335
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Polres Klaten Gelar Operasi Yustisi di Daerah Perbatasan

Selasa, 27 April 2021 | 22:27 WIB Last Updated 2021-04-27T15:27:15Z
Operasi Yustisi di daerah perbatasan DIY-Klaten. (foto ist


Klaten, Rakyatterkini.com - Tim gabungan dari Polres, Kodim 0723, Dishub dan Satpol PP Klaten melaksanakan operasi yustisi di perbatasan Jateng-DIY tepatnya di depan pos lantas Prambanan, Selasa 27 April 2021.


Operasi yustisi dipimpin Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu, dengan penyekatan secara selektif prioritas kendaraan pelat luar daerah yang akan memasuki wilayah Klaten.


Kapolres Klaten mengatakan kegiatan yang dilakukan menjelang berbuka itu adalah kegiatan gabungan yang dilakukan untuk menekan penyebaran kasus covid-19. 


Menurut Edy, jika sebelumnya operasi yustisi banyak menyasar kerumunan, mulai hari ini pihaknya akan bergerak di perbatasan untuk menindaklanjuti aturan larangan mudik dari pemerintah.


Kegiatan penyekatan secara selektif prioritas ini menurutnya akan terus dilakukan hingga berakhirnya Operasi Ketupat. Pihaknya juga telah menyiapkan 3 pospam dan 1 posyan untuk mendukung kegiatan tersebut.


"Operasi Ketupat memang belum dimulai, tapi kita melaksanakan operasi yustisi dan nanti kita akan lakukan (pemeriksaan kendaraan) secara selektif prioritas khususnya plat-plat luar daerah, misalnya plat B, plat L dan lainnya. Sehingga kita periksa juga tujuannya," jelasnya.


Kapolres menambahkan bahwa dalam penyekatan kendaraan ini personel gabungan juga melakukan tes swab antigen terhadap pengendara maupun penumpang yang berasal dari luar daerah Klaten. Swab antigen dilakukan di Pos Lantas Tangguh Prambanan oleh petugas kesehatan dari Dokkes Polres Klaten.


"Kita juga melakukan uji sampling swab antigen. Kalau seandainya nanti hasil swab reaktif akan kita putar balik ataupun juga akan kita rujuk di rumah sakit terdekat. Kalau ternyata non reaktif kita persilakan. Kan bisa saja kendaraan plat B tapi penduduk sini. Akan kita putar balik seandainya tidak bisa menunjukkan identitas," jelasnya.    


Dari pantauan di lokasi, kegiatan penyekatan yang berjalan kurang lebih 2 jam tersebut petugas gabungan berhasil melakukan swab antigen terhadap 16 orang luar daerah dan hasilnya semua non reaktif.


Kapolres kemudian berpesan kepada masyarakat agar mentaati anjuran pemerintah terkait upaya pencegahan covid-19, khususnya aturan larangan mudik. 


Masyarakat dihimbau menggunakan teknologi digital untuk bertemu keluarga secara daring yang mana jaringan telekomunikasi sekarang sudah bagus dan bisa dimanfaatkan secara maksimal. 


"Kami mengimbau sebagaimana anjuran pemerintah untuk tidak mudik. Silakan di rumah saja. Sekarang kan ada video call, kita manfaatkan mudik secara online," pungkasnya. (Humas Polres Klaten)




×
Berita Terbaru Update