Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Rabu, 9 Juni 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
46.385 642 41.832 1.048
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Limapuluh Kota Kabupaten yang Beradat, Berbudaya dan Madani

Selasa, 13 April 2021 | 22:35 WIB Last Updated 2021-04-13T15:35:28Z
Pimpinan DPRD Limapuluh Kota memimpin rapat paripurna hari jadi kabupaten Limapuluh Kota.


Sarilamak, Rakyatterkini.com - Kabupaten Lima Puluh Kota merupakan satu dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat yang memiliki luas wilayah 3.354,30 Km². Kabupaten ini terdiri dari 13 kecamatan, 79 nagari, dan 401 jorong. 


Secara geografis, Kabupaten Lima Puluh Kota paling timur di provinsi Sumatera Barat yang merupakan pintu gerbang utama di jalur darat dengan provinsi Riau. 


Kabupaten Lima Puluh Kota diapit oleh 4 kabupaten dan 1 provinsi yaitu Kabupaten Agam, Tanah Datar, Sijunjung dan Kabupaten Pasaman serta Provinsi Riau. 


Memperingati hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota ke-180, ibaratkan melihat kaca spion. 


Seminar dan diskusi serta berbagai referensi telah dikumpulkan untuk menetapkan hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota didapatkan secara konsep pemerintahan Lima Puluh Kota telah ada sebelum penjajah masuk ke daerah ini.



Berdasarkan sidang paripurna DPRD Kabupaten Lima Puluh Kota, ditetapkanlah Peraturan Daerah Nomor 11 Tentang Hari Jadi Kabupaten Lima Puluh Kota, tertanggal 26 November 2008 bahwa tanggal 13 April ditetapkanlah Hari Jadi Kabupaten Limapuluh Kota.


Harapan Ketua DPRD Limapuluh Kota Deni Asra, didampingi Wendi Chandra, dari Fraksi Demokrat (Wakil Ketua) dan Syamsul Mikar dari Fraksi Golkar (Wakil Ketua) .


Perayaaan HUT Kabupaten Limapuluh Kota kali ini sangat berbeda dikarenakan pada saat adaptasi kebiasaan baru dalam menghadapi pandemi Covid-19.


Hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-180 untuk mengevaluasi kekurangan daerah di bandingkan dengan daerah lain yang pembentukannya masih muda.


Kepada seluruh masyarakat Lima Puluh Kota, marilah kita tingkatkan kebersamaan, rapatkan barisan dan satukan persepsi dalam membangun Kabupaten Lima Puluh Kota yang sama-sama kita cintai walaupun daerah kita secara administratif telah berumur 180 tahun, ujar Deni Asra.



Kunci pokok keberhasilan suatu pembangunan terletak pada kualitas Sumber Daya Manusia, semakin tinggi kualitas Sumber Daya Manusia suatu daerah maka akan semakin tinggi tingkat pencapaian pembangunan daerah tersebut. 


Keberhasilan pembangunan sumberdaya manusia dapat dilihat dari gambaran kualitas fisik dan non-fisik dimana di dalamnya termasuk karakter atau menurut kearifan lokal daerah adalah kualitas moral spiritual. 


Sementara, Asrul Ketua Komisi I DPRD Lima Puluh Kota membidangi Pemerintahan, Politik, Keamanan dan Pendidikan, mengharapkan dengan memperingati hari jadi Kabupaten Lima Puluh Kota ke-180 yang bertepatan dengan bulan suci Ramadhan, agar kita dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan.


Diharapkan masing-masing OPD yang bermitra dengan Komisi I diminta mengoptimalkan dan mempercepat pelaksanaan program dan kegiatan, sehingga masyarakat lebih cepat dapat merasakan manfaatnya.


OPD yang bermitra dengan Komisi I, yakni Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Inspektorat, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satpol PP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Nagari, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber daya Manusia, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kesatuan Bangsa dan Politik dan 13 Kecamatan.


“Ke depan harus fokus terhadap perbaikan jalan utama yang berada di pinggir  dan diperbatasan yang selama ini termarginalkan oleh Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota atau dengan konsep “obat nyamuk” membangun daerah dari pinggir,“  ujar Wendi Chandra, Wakil  Ketua DPRD Limapuluh Kota dan Koordinator Komisi II ini.



Sementara, OPD yang bermitra dengan komisi II, yaitu Badan Keuangan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Permukiman, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Perhubungan


Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang dihadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada.Ia dipengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan.


Sementara Ketua Komisi III Virmadona, dalam refleksi hari jadi Kabupaten Limapuluh Kota yang ke-180 kita harus bekerja keras mencari strategi dan kebijakan untuk mempercepat pembangunan daerah.


Pemerintah bersama OPD untuk dapat mencarikan strategi dan kebijakan untuk mempercepat pelaksanaan kegiatan di bidang ekonomi yang sesuai dengan sasaran dalam upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui revitalisasi perekonomian dan reformasi kelembagaan berbasis masyarakat.


OPD yang bermitra dengan komisi III, yaitu Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana,Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.


Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja,  Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Perikanan, Dinas Pangan, RSUD dr. Ahmad Darwis, Perusahaan Daerah Air Minum dan Perusahaan Daerah. (adv)




×
Berita Terbaru Update