Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Minggu, 17 Oktober 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.631 430 87.061 2.140
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Rakor: Wako Deri Asta Sampaikan Program Unggulan Sawahlunto

Kamis, 11 Maret 2021 | 15:14 WIB Last Updated 2021-03-11T08:14:43Z
Walikota Sawahlunto, Deri Asta sampaikan program unggulan daerahnya, dalam rakor bupati/walikota se-Sumatera Barat.


Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rapat koordinasi pemerintah daerah dalam rangka membahas singkronisasi program kegiatan pembangunan provinsi.


Rakor itu bersama kabupaten/kota se Sumbar, periode 2021-2026, di auditorium gubernuran, Rabu (10/3/2021).


Rakor ini digelar selama tiga hari mulai, 8 - 10 Maret 2021, bertujuan untuk menyamakan persepsi dan mensinkronkan visi dan misi gubernur Sumbar dengan visi dan misi bupati/walikota.


Pada kesempatan kali ini walikota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan program kegiatan yang disandingkan dengan Pemprov Sumbar yang merupakan program unggulan, yaitu yang pertama Sumbar Sehat dan Sumbar Cerdas sangat tepat apa dilakukan Pemko Sawahlunto.


Seperti memberikan reward kepada mahasiswa yang lulus perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dan B. 


"Termasuk bagi mahasiswa yang memiliki IPK di atas 3,1 di perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dan B tanpa kecuali," ujar Deri Asta.


Dalam rangka mengurangi beban orangtua murid Pemko Sawahlunto memberikan bantuan kepada anak SD dan SMP tanpa melihat standar kehidupan keluarganya yang sesuai dengan program unggulan Sumbar Sehat dan Sumbar Cerdas.

 

"Kita menginginkan dari Pemprov Sumbar bantuan berupa beasiswa 1.000 mahasiswa di perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri. 


Walikota Sawahlunto juga mengharapkan dukungan dari Pemprov Sumbar dalam peningkatan kualitas sanitasi di SMK dan SMA se kota Sawahlunto yang merupakan kewenangan dari pemerintah provinsi.


Walikota Deri Asta juga melaporkan, pendanaan premi jaminan kesehatan Sumbar Sakato menjadi pembagian 50 persen dengan Kota Sawahlunto, sehingga program yang diinginkan masyarakat Sawahlunto bisa teratasi dalam jaminan kesehatan tanpa dibatasi oleh kemampuan yang ada.


"Harapan kita dari Pemprov Sumbar, untuk meningkatkan sharing pembiayaan dari program tersebut," ungkapnya.


Deri Asta menyampaikan dukungan pendirian workshop otomotif alat berat bagi siswa SMK yang ada di Kota Sawahlunto.


Kemudian untuk program yang kedua meningkatkan tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan berdasarkan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) dengan program unggulan Sumbar religius dan berbudaya.

 

Dukungan Pemko Sawahlunto yang sudah dilakukan untuk program ini yang pertama adalah penghargaan bagi siswa berprestasi yang lulus pengujian tahfidz SD dan SMP karena memang ini termasuk program unggulan dari Kota Sawahlunto.


"Kita ingin anak-anak Sawahlunto untuk pemantapan pendidikan karakter dalam mendidik generasi muda Sawahlunto ke arah yang lebih baik," sebutnya.


Selain membekali generasi muda dengan pondasi agama yang kuat, ia juga berharap mereka memiliki modal untuk mampu menjadi imam di tengah-tengah masyarakat ke depan. (Ris1)




×
Berita Terbaru Update