Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 April 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
34.137 744 31.777 375
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Keceriaan Isna dan Amsi Merupakan Salah Satu Perubahan Psikologis Anak

Jumat, 12 Maret 2021 | 04:45 WIB Last Updated 2021-03-11T21:45:43Z


Kapuas,– Perlunya tempat bermain dan berinteraksi pada anak adalah agar anak mampu untuk selalu bersosialisasi  dengan teman –temanya, orang  lain, tetangga dan lingkungannya. Sehingga dengan banyak berkomunikasi maka anak tersebut akan mengetahui kehidupan dengan lingkungan sekitarnya yang pada akhirnya akan dapat mengolah mental, akhlaq dan kemandirian anak itu sendiri. Kalau tidak ada tempat untuk bermain dan berinteraksi, secara psikologis juga kurang baik terhadap perkembangan anak. Anak harus selalu diajak komunikasi dan bermain pada tempat yang nyaman.


Ketika anak – anak melihat perubahan pada lingkungan sekitarnya tentu akan menjadi pertanyaan yang besar bagi mereka.  Pasti anak - anak akan berfikir lebih luas tentang sesuatu yang berbeda terkait pada kondisi yang dihadapinya. 


Anak pasti mengalami perubahan yang drastis, keceriaan dan kegembiraan akan menyelimuti dalam dirinya.


Dengan perubahan psikologis anak, orang tua harus cepat tanggap dan mengerti akan perubahan yang terjadi, jangan orang tua terlalu masa bodoh ataupun tidak tahu atau menganggap biasa bahkan menganggap semua itu hanyalah hal yang sepele.


Menurut Kapten Handoyo, Rabu (10/3/21) mengatakan,” Ketika melihat perubahan anak, orang tua harus mengetahui apa itu penyebabnya. Dengan begitu akan dapat mengontrol kondisi psikologisnya. Kita contohkan anak –anak yang bermain di jalan, mereka nampak tiba – tiba ceria dan bergembira dengan begitu lepas dan itu berbeda dengan hari – hari sebelumnya, tentu orng tua harus cepat tanggap apa yang harus dan perlu dilakukan orang tua kepada anak – anaknya. Hal seperti inilah orang tua harus tahu dan tanggap.”


Seperti yang dilakukan Isna dan Amsi, mereka bermain dengan santai dengan wajah cukup ceria bermain ikan diteras rumahnya sambil melihat kesibukan orang tua dan TNI yang terus bekerja membangun infrstruktur di Desa Saka Lagun. Bagi Isna dan Amsi adanya TNI di lingkungannya merupakan pemandangan baru yang dilihatnya. Karena tidak biasanya banyak orang maupun TNI yang kesana kemari dengan kesibukanya dalam kegiatan program TMMD. Sehingga dengan ramainya lingkungan di desanya membuat kebahagiaan tersendiri bagi Isna dan Amsi. (*)




×
Berita Terbaru Update