Pemko Sawahlunto Serahkan Alat Pertanian Kepada 11 UPJA -->

Pemko Sawahlunto Serahkan Alat Pertanian Kepada 11 UPJA

Selasa, 16 Februari 2021, 16:56
Wawako Zohirin Sayuti dan Setdako Ambun Kadri sedang memeriksa Alsintan yang akan diserahkan kepada UPJA


Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Untuk meningkatkan swasembada pangan dan peningkatan produksi pertanian, Pemerintah Kota Sawahlunto menyalurkan bantuan mesin alat pertanian kepada sejumlah kelompok tani yang tersebar di 4 kecamatan kota Sawahlunto. 


Penyerahan secara simbolis oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti di halaman Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian & Perikanan  Kota Sawahlunto Selasa, (16/2/2021).


Acara tersebut selain dihadiri oleh Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti, Setdako Ambun Kadri dan Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian & Perikanan berserta seluruh jajarannya, serta Perwakilan Kelompok Tani & Unit Pengelola Jasa Alat Pertanian (UPJA) yang nantinya akan mengelola Alat Pertanian tersebut.


Kepala Dinas Ketahanan Pangan,Pertanian, & Perikanan Kota Sawahlunto, Lelis Epriyenti memberikan paparannya terhadap jumlah bantuan yang diberikan yakni Cultivator  sebanyak 12 unit, Tracktor Roda 2 (TR.2) 4 unit, Motor Sprayer Stuck Besar 9 unit, Stuck Kecil 5 unit dan Alat Penyiang Gulma sebayak 5 unit. 


Bantuan yang diberikan diharapkan dapat memdorong percepatan pertanian yang ada di Kota Sawahlunto sehingga panen yang didapatkan musim tanam berikutnya dapat meningkat.


Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti memberikan apresiasinya terhadap Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian & Perikanan yang telah berusaha mendapatkan bantuan sarana yang ada untuk petani. 


"Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) merupakan perlatan yang  mempunyai peranan penting dan strategis dalam rangka mendukung pencapaian produksi pertanian yang efisien baik waktu maupun biaya. 


Keberadaan Alsintan dapat mempercepat dan meningkatkan mutu pengolahan tanah, penyediaan air, meningkatkan indeks pertanaman, mengurangi kehilangan hasil dan meningkatkan nilai pendapatan karena efisiennya biaya dan kecepatan waktu kerja," ujar Zohirin.


Saat ini di Kota Sawahlunto telah terbentuk sebanyak 11 Unit Alsintan, yang sebelumnya juga telah diberikan bantuan alsintan dengan berbagai jenis sesuai kondisi UPJA, Kesesuaian lahan dan komoditas yang dominan diwilyahnya. (Ris1)




TerPopuler