Kesbangpol Pasbar Apresiasi Penyelenggara Atas Kesuksesan Pilkada Damai -->

Kesbangpol Pasbar Apresiasi Penyelenggara Atas Kesuksesan Pilkada Damai

Senin, 15 Februari 2021, 16:55
Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Pasaman Barat, Herlina Syahputri.

Pasbar, Rakyatterkini.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pasaman Barat, mengapresiasi masyarakat dan penyelenggara Pemilihan Umum (Pemilu) atas suksesnya Pilkada yang damai dan kondusif.


"Insya Allah pelaksanaan Pilkada kita beberapa waktu lalu damai dan kondusif. Ini pertanda demokrasi kita di Pasaman Barat semakin membaik, masyarakat kita semakin cerdas," sebut Kepala Badan Kesbangpol Pemkab Pasaman Barat Herlina Syahputri, menjawab Rakyatterkini.com Senin (15/02/2021) di ruang kerjanya.


Partisipasi pemilih pada Pilkada tahun 2020 lalu, ujar Herlina cukup tinggi, yakni mencapai 78 persen.


Dia menyebut,  Pilkada Pasbar berjalan dengan lancar tanpa ada pengaduan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Semua pihak bisa menerima hasil Pilkada dengan legowo, meskipun ada riak-riak kecil. 


"Semua kesuksesan itu tak lepas dari peran dan kerjasama  penyelenggara KPU dan jajaran, Bawaslu dan jajaran, serta dibantu aparat keamanan TNI dan Polri, pers serta semua masyarakat yang berpartisipatif aktif," sebut Herlina.


Disebutkan, partisipasi pemilih pada Pilkada tahun 2020 naik melebihi target pemilih Provinsi Sumbar. Masyarakat yang menyalurkan hak suaranya cukup tinggi mencapai 78 persen.


"Terimakasih kami ucapkan kepada masyarakat Kabupaten Pasbar yang telah menyalurkan hak suaranya pada Pilkada tahun 2020. Padahal kita Pilkada  saat wabah pandemi Covid-19. Namun aturan protokol kesehatan Covid-19 tetap dilaksanakan dengan baik,"kata Harlina Syahputri.


Disebutkan Harlina, meski pelangggaran Pilkada tetap ada tetapi tidak banyak seperti pada tahun sebelumnya. Pelangggaran Pilkada sudah diberikan sanksinya sesuai dengan aturan yang berlaku. 


"Ada beberapa pelangggaran yang terjadi, tetapi itu telah selesai diproses oleh Bawaslu maupun KASN,"kata Harlina Syahputri.


Bukti Pilkada serentak tahun 2020 berjalan dengan baik adalah, tidak adanya saling demo, tidak ada saling serang. Biasanya Pilkada menyita perhatian dan pikiran terutama pendukung. 


"Dalam pantauan kami, Desk Pilkada karena Posko Des Pilkada letaknya di Kesbangpol Pilkada tahun 2020 lebih banyak pada pelangggaran protokol kesehatan Covid-19. Sedangkan pelangggaran di PNS juga masih ada, pelangggaran oleh perangkat nagari. Itupun sudah selesai. Artinya semua 

berjalan baik,"ucap Harlina Syahputri.


Herlina atas nama Pemeritah Daerah Pasaman Barat menyampaikan   terima kasih  kepada penyelenggara Pemilu dan jajaran, Bawaslu, Polri, TNI yang telah sukses menggelar Pilkada serentak tahun 2020. Semoga jerih payah semua penyelenggaraan Pilkada menjadi semangat dalam mengabdi untuk negeri ini. 


Ia menambahkan, untuk ke depan masyarakat diharapkan bisa mendukung pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya.


"Pilkada telah usai, mari kita saling berangkulan demi kemajuan nagari Tuah Basamo. Sekarang kita tunggu pelantikan bupati dan wakil bupati Pilkada tahun 2020,"ujar Harlina Syahputri.


Soal pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih Hamsuardi-Risnawanto, kata Herlina, masih menunggu petunjuk Mendagri, sementara kekosongan bupati yang akan ditinggalkan Bupati Yulianto 17 Februari 2021 akan diisi oleh Pelaksana Harian (Sekda) Pasaman Barat yang saat ini dijabat Yudesri sampai ada petunjuk dari Mendagri. (junir sikumbang)




TerPopuler