Desa Saureinu Kembangkan Demokrasi di Tengah-tengah Masyarakat -->

Desa Saureinu Kembangkan Demokrasi di Tengah-tengah Masyarakat

Kamis, 18 Februari 2021, 19:37



Mentawai, Rakyatterkini.com - Demokratisasi di Desa Saureinu akann dikembangkan dalam kehidupan masyarakat yang lebih demokratis lagi.


Setiap orang akan mempunyai hak, kewajiban dan kesempatan yang sama, ungkap Jarlius Samoiri, anggota BPD, Kamis (18/2/2021).


Dikatakan, kedudukan kepala desa yang begitu kuat dengan jabatannya, seperti ketua umum LMD dan ketua LKMD, sehingga pusat kekuasaan terkesan hanya berada pada satu tangan yaitu kepala desa.


Guna menjamin terjadinya proses demokratisasi pada pemerintahan desa, disusunlah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004. Pasal 200 menjelaskan dalam pemerintahan daerah kabupaten/kota dibentuk pemerintahan desa.


Terdiri dari pemerintah desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Keberadaan BPD sebagai lembaga baru di desa dalam daerah kabupaten berbeda dengan lembaga-lembaga sebelumnya. 


BPD lahir di era reformasi yang menghendaki terjadinya demokratisasi dalam segenap aspek kehidupan bangsa, termasuk kehidupan di desa.


BPD Desa Saureinu ini mempunyai fungsi untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa, pengawasan terhadap pelaksanaan APBDes, dan pengawasan terhadap pelaksanaan keputusan kepala desa. 


Jarlius Samoiri berharap kepada warganya supaya pola pikir masyarakat Silak, Oinan ada peningkatan dalam menyukseskan Pilkades 2021. (jaibi)




TerPopuler