Subsidi Kapal Mentawai Fast Jadi Polemik, Isar Taileleu: Miliran Rupiah Terbuang Pertahun -->

Subsidi Kapal Mentawai Fast Jadi Polemik, Isar Taileleu: Miliran Rupiah Terbuang Pertahun

Sabtu, 16 Januari 2021, 11:19

Mentawai, Rakyatterkini.com - Proses subsidi pemerintah Mentawai kepada Kapal Mentawai Fast ternyata menimbulkan polemik di kalangan anggota DPRD Kepulauan Mentawai.


Ada yang menganggap pemberian subsidi kepada Mentawai Fast itu tidak menguntungkan, karena Mentawai Fast adalah perusahaan swasta yang setiap tahun mendapat bantuan dana dari Pemda Kepulauan Mentawai.


Dari pada setiap tahun memberikan subsidi kepada Mentawai Fast, lebih baik membeli kapal cepat sendiri dan dikelola oleh BUMD dan kapal menjadi milik pemerintah.


Mana yang diuntungkan, memberikan subsidi kepada perusahaan swasta setiap tahun atau pemerintah daerah membeli kapal cepat sendiri dan di kelola oleh BUMD.


"Sekarang uangnya terbuang begitu saja miliaran rupiah pertahun, "ujar Isar Taileleu, wakil ketua DPRD dari Partai Nasdem, Jumat (15/1/2021).


Pada 2020 telah dianggarkan dana dari Pemda Kepulauan Mentawai sejumlah Rp28 milyar untuk membeli kapal cepat sendiri, namun saat pengesahan ada anggota DPRD tidak setuju sehingga dicoret anggarannya.


“Pemda Mentawai telah menganggarkan Rp28 milyar tahun 2020 untuk membeli kapal cepat, ada oknum DPRD tidak setuju sehingga dicoret anggaran tersebut”, sebut Isar.


Dikatakan, PAD Kepulauan Mentawai masih minim, belum lagi ditambah dengan pandemi Corona belum selesai dan informasinya biaya vaksin dibebankan kepada Pemda.


"Anggaran yang sedikit ini harus di manfaatkan secara ifesien dan bermanfaat kepada masyarakat banyak, "ujarnya.


Trasportasi Padang – Mentawai tidak ada persoalan, lancar, tanpa di subsidi Mentawai Fast, tetap ada trasportasi di tambah PT ASDP Perintis KM  Ambu-Ambu dan KM Perintis Gambolo Dua kali seminggu , Mentawai – Padang dengan harga tiket dan barang murah. (jaibi)




TerPopuler