Kapolda Sumbar Berpesan Saat Peresmian Kantor Samsat Padang -->

Kapolda Sumbar Berpesan Saat Peresmian Kantor Samsat Padang

Rabu, 20 Januari 2021, 14:14


Padang, Rakyatterkini.com - Kantor pelayanan pajak kendaraan (Samsat) Padang di kawasan GOR H. Agus Salim, resmi beroperasi. 

Peresmian kantor baru tersebut dilakukan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama Kapolda Sumbar Irjen Pol. Toni Harmanto, dengan didampingi Jasa Raharja Sumbar dan Dirlantas Polda Sumbar, Selasa (19/1).

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto yang dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa sebagaimana dipahami bersama bahwa reformasi birokrasi yang dilaksanakan pada setiap instansi pemerintahan dan kementrian atau Lembaga, mengarahkan kepada adanya peningkatan pelayanan pada setiap unit organisasi yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. 

"Ini merupakan pertanggungjawaban kepada masyarakat terhadap kinerja aparatur pemerintah yang lebih profesional, transparan dan akuntabel," kata Kapolda.  

Dikatakan, sebagai tindak lanjut dari program tersebut, Polri telah menyusun konsep pembangunan postur Polri jangka panjang tahun 2005-2025 melalui Grand Strategi Polri dengan tiga tahapan pembangunan yaitu Trust Building, Partnership Building, dan Strive For Excellent. 

"Untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu dilakukan langkah-langkah konkrit serta keberlanjutan program yang nyata pada setiap titik pelayanan masyarakat dengan mengedepankan profesionalitas, spirit dan etos kerja," jelas Irjen Toni. 

Dalam membangun kepercayaan masyarakat atas pelayanan publik, merupakan langkah yang harus diupayakan seiring dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat tentang peningkatan pelayanan publik. 

Sehingga sejalan dengan asas-asas penyelenggaraan pelayanan publik antara lain meliputi asas kepastian hukum, profesional, partisipatif, equalitas, transparan, ketepatan waktu, kemudahan dan keterjangkauan, pelayanan pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu bagian dari pelayanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

"Peningkatan sarana dan prasarana berupa pembangunan kantor Samsat sehingga menjadi kantor pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)," ujar Kapolda Sumbar. 

Diharapkan dengan peresmian kantor Samsat ini dapat meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Provinsi Sumbar sebagai modal pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan pelayanan berkualitas, cepat, efektif, dan efisien.   

Menghadapi masa pandemi Covid-19 ini maka pelayanan Samsat tetap mengedepankan SOP protokol kesehatan yang ketat dan mengantisipasi menjadi klaster baru persebaran Covid-19. 

"Saya mengharapkan agar kantor Samsat yang telah selesai pembangunannya dan akan kita resmikan penggunaannya, dapat meningkatkan kualitas kinerja seluruh petugas yang berkontribusi pada pelayanan prima," bebernya. 

Hadir Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar, pimpinan Bank BNI dan Bank Nagari serta undangan lainnya. (rf)




TerPopuler