Harapan Ketua DPRD Limapuluh Kota Pasca Vote API 2020 -->

Harapan Ketua DPRD Limapuluh Kota Pasca Vote API 2020

Kamis, 07 Januari 2021, 06:29

Limapuluh Kota, Rakyatterkini.com - Kabupaten Limapuluh Kota baru saja selesai mengikuti Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 kategori Kampung Adat Terpopuler yang diwakili oleh Kampung Saribu Rumah Gonjong atau Sarugo. 


Meskipun pengumuman hasil vote belum diumumkan, tapi Ketua DPRD Lima Puluh Kota Deni Asra sangat berharap pariwisata di Lima Puluh Kota dapat maksimal dalam pengelolaannya.


Deni Asra mengatakan Kabupaten Lima Puluh Kota punya potensi luar biasa terkait peluang destinasi-destinasi wisata baru. 


Menurutnya, di Luak Limopuluah ini banyak potensi wisata alam, wisata kuliner, wisata sejarah, agama, budaya dan adat.


"Saat ini tinggal bagaimana keseriusan kita semua dalam menggali potensi tersebut tertutama potensi yang belum terlihat maksimal, termasuk pengelolaan destinasi yang sudah ada," kata Deni Asra saat dihubungi via WhatsApp, Rabu (6/1/2021).


Ia menjelaskan keseriusan dalam pengelolaan kepariwisataan ini dimulai dari menggali potensi wisata baru sampai mengelola destinasi yang sudah ada saat. Lebih lanjut, keseriusan tersebut juga harus terlihat dari kebijakan pemda yang mendukung itu semua.


Diperlukan keterlibatan berbagai komunitas dalam mendukung pariwisata, pengelolaan di lokasi wisata yang dimulai dari pintu masuk, kebersihan lokasi, toilet, parkir, musala sampai terbentuknya masyarakat yang sadar wisata. 


Di samping itu, juga harus adanya sinkronisasi antara kepariwisataan dengan peningkatan ekonomi masyarakat terutama melibatkan pos-pos ekonomi kreatif, ujar Ketua DPRD Lima Puluh Kota dari Fraksi Partai Gerindra ini.


Deni menilai wisata harus menjadi salah satu bagian penting dalam mengatasi kepahitan ekonomi masyarakat di saat pandemi ini. Kemudian dengan masuknya Kampung Wisata Sarugo nominasi di tingkat nasional adalah sebuah kebanggaan, apalagi nanti kalau masuk ke 3 besar.


Kampuang Sarugo harusnya menjadi pembelajaran bagi pemda dimana dukungan total wajib kita lakukan ketika ditemukannya sebuah destinasi wisata di Lima Puluh Kota. Untuk itu, kembali kita mengajak pemda meningkatkan komunikasi dan kordinasi sebagai bukti keseriusan dalam mengelola kepariwisataan ini, katanya.


Sementara itu, kepada masyarakat Kampuang Sarugo di Jorong Sungai Dadok, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh, pihaknya merasa sangat bangga dan salut atas semua kerja keras dan semangatnya. Sebagai wakil rakyat, ia memberikan apresiasi tinggi terkait hal yang telah dikerjakan selama ini.


"Mari kita jaga dan lestarikan betul keasrian adat dan budaya kita. Kemudian ke depan pemda juga harus mendengar keluh kesah masyarakat disana. Sebab Kampuang Sarugo sudah bikin bangga Lima Puluh Kota dan Sumatera Barat serta saatnya pemda yang harus bikin Kampung Sarugo bangga dengan memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan di sana," ujarnya.


Selain itu, sebagai Ketua DPRD Lima Puluh Kota, ia juga mengucapkan terima kasih khusus untuk Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) yang telah mendampingi dan membina Kampung Sarugo sejak awal. Kemudian UMSB juga sudah berhasil menemukan dan memperjuangkan Kampung Sarugo hingga masuk nominasi API Awards ini. (rdo)

TerPopuler