Desa Gosooinan, Mentawai Gelar Musrenbang, ini yang Dibahas -->

Desa Gosooinan, Mentawai Gelar Musrenbang, ini yang Dibahas

Rabu, 13 Januari 2021, 12:20



Mentawai, Rakyatterkini.com - Desa Gosooinan, Sipora Utara, Kepulauan Mentawai,  Rabu (13/1/2021) mengadakan Musrenbang dalam rangka penyusunan dan penetapan RKP Desa tahun 2021.


Kegiatan ini dihadiri tokoh masyarakat dan lembaga adat, camat Sipora Utara, kabid administrasi keuangan dan aset desa, anggota BPD.


Camat Sipora Utaram, Marsen mengatakan desa mempunyai kewenangan untuk melakukan pembangunan, dengan tujuan kesejahteraan masyarakat.


Musrenbang merupakan tindaklanjut dari Musdes. Adapun yang dibahas adalah RKP 2021. Draft rancangan RKP 2021 memerlukan verifikasi di lapangan dan penyusunan skala prioritas.


Untuk itu kegiatan wajib jangan ketinggalan, penggunaan anggaran desa harus akuntabilitas, transfaransi, lalu tim harus mejaga komplikasi yang baik.


Camat menggelitik Musrenbang ini, sebab mestinya dilaksanakan sebelum  2021.

 

Sementara Kepala Desa, Hasan Basri mengatakan musrenbang merupakan proses perencanaan yang harus tepat, sehingga dapat nenjawab tantangan di tahun mendatang.


Diingatkan, anggaran mengalami penurunan karena wabah covid-19, sehingga kegiatan yang sifatnya prioritas digunakan untuk recovery ekonomi masyarakat. 


Selsius, ketua BPD Goisooinan menyampaikan kegiatan yang belum masuk, dapat diusulkan di tahun yang akan datang. 


Dia memberikan arahan, kegiatan prioritas berdasarkan kebutuhan baik fisik naupun non fisik dan pemerintah desa, harus sudah dalam RPJM desa. (jaibi)

TerPopuler