Cegah Demam Berdarah, Pemdes Glodogan Klaten Selatan Gelar Operasi Kaleng -->

Cegah Demam Berdarah, Pemdes Glodogan Klaten Selatan Gelar Operasi Kaleng

Selasa, 05 Januari 2021, 06:52
Kades Glodogan melakukan operasi kaleng. (foto cahyo)


Klaten, Rakyatterkini.com - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan guna mengantisipasi merebaknya wabah demam berdarah.


Salah satunya dengan menggelar Operasi Kaleng yang melibatkan aparat pemerintah desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan warga masyarakat, Senin (4/1/2021).


Kepala Desa Glodogan, Kecamatan Klaten Selatan, Zaenal Arifin mengatakan kegiatan operasi kaleng bertujuan untuk membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada di lingkungan rumah warga.


Menurutnya, kegiatan ini sudah dilakukan sejak awal Desember lalu. Jenis barang yang dikumpulkan seperti botol atau gelas bekas air mineral, kaleng hingga ban bekas yang sudah tidak dipakai dan dibiarkan begitu saja di lingkungan rumah warga.


"Kegiatan ini kami lakukan agar warga tetap dapat hidup sehat dan bebas dari wabah demam berdarah," kata pria yang juga dikenal sebagai penggali kubur.


Menurut Zaenal, ia telah mengimbau warga desa melalui ketua RT dan RW se-Desa Glodogan untuk senantiasa melakukan operasi kaleng di lingkungan rumah masing-masing.


Zaenal mengaku kegiatan ini juga ia lakukan saban hari sebelum memulai aktivitas kerja normal sebagai kepala desa. 


Ia berharap melalui kegiatan ini akan muncul kesadaran dari warga desa untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah merebaknya wabah Covid-19 dan demam berdarah. (Cahyo)

TerPopuler