Bupati Yudas Bangga pada Kemajuan Pembangunan Kepulauan Mentawai -->

Bupati Yudas Bangga pada Kemajuan Pembangunan Kepulauan Mentawai

Kamis, 21 Januari 2021, 18:09
Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet.


Mentawai, Rakyatterkini.com - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet merasa bangga dengan kemajuan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai.


"Sudah 48 tahun Partai PDI Perjuangan mengabdi untuk masyarakat Kepulauan Mentawai, sudah banyak karya-karyanya dan sejarah yang tidak boleh dilupakan, "ungkap Yudas, Kamis (21/1/2021).


Sejarah pemekaran Kabupaten Kepulauan Mentawai ini terjadi di saat Megawati Sukarnoputri, jadi presiden.


Sesuai UU no. 49 tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Oktober 1999, maka daerah Kepulauan Mentawai secara resmi lepas dari Kabupaten Padang Pariaman.


“Artinya Kabupaten Mentawai bukan sesuatu hal yang gampang, dan bukan hadiah pemerintah daerah atau pusat, tetapi perjuangan tokoh-tokoh masyarakat Mentawai waktu itu.


Demo kemana-mana, di Padang, Jakarta “, kata Yudas yang pernah menjabat anggota DPRD Kabupaten Kepulauan Mentawai 1 priode.


Saat itu mahasiswa asal Mentawai berjuang agar menjadi kabupaten sendiri dan yang sama dirasakan masyarakat Kepulauan Mentawai sampai sekarang.


Orang nasionalis, karena di Mentawai itu cocok nasionalis. Pengertian bukan saja cinta tanah air, tapi perbedaan-perbedaan itu bisa diakomodir.


Soal pembangunan dibuat Trans Mentawai dan masyarakat merasakan pembangunan insfraktuktur.


Yudas menerangkan, setelah dilantik menjadi Bupati Kepulauan Mentawai pada 2012, setahun setelah menjabat pada 2013 ia menggagas Trans Mentawai.


Begitu juga pendidikan, dulu 6 SMPN saja sekarang 23-24 SMPN, dan SMA ada hanya 6, saja, sekarang SMA-SMK, sudah ada 12, sebut Yudas.


Selanjutnya soal kesehatan, Puskesmas dulu hanya 4, sekarang Puskesmas 15, Pustu 39 Poskesdes 90 Polindes 40 tambah 1 RSUD, dan instalasi Farmasi. (jaibi)




TerPopuler