Puskesmas Paraman Ampalu Rapid Test KPPS dan Linmas, 39 Orang Reaktif -->

Puskesmas Paraman Ampalu Rapid Test KPPS dan Linmas, 39 Orang Reaktif

Selasa, 01 Desember 2020, 13:12
Puskesmas Paraman Ampalu rapid test sejumlah anggota KPPS dan Linmas.

Gunung Tuleh, Rakyatterkini.com - Mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 pada Pilkada serentak 9 Desember mendatang, sejumlah ketua dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas se-Kecamatan Gunung Tuleh mengikuti rapid test di Puskesmas Paraman Ampalu, Nagari Rabi Jonggor.


Rapid test bagi KPPS dan Linmas merupakan kerjasama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasaman Barat bersama Dinas Kesehatan sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19 pada saat penyelenggaraan pemilihan suara.


"Rapid test bagi KPPS dan Linmas ini kerjasama KPU dengan Dinas Kesehatan. Kemudian teknis pelaksanaan dilaksanakan di Puskesmas dengan syarat seluruh peserta rapid wajib mematuhi protokol kesehatan," kata Efriza, Kepala Puskesmas Paraman Ampalu kepada Rakyatterkini.com, Selasa (1/12/2020).


Dari hasil rapid test yang sudah dilaksanakan mulai dari tanggal 26 November sampai dengan 1 Desember 2020 didapatkan hasil sebanyak 39 orang anggota KPPS atau Linmas reaktif dari 444 orang yang menjalani rapid test.


"Sampai saat ini yang sudah melaksanakan rapid test berjumlah 444 dari 576 target yang ingin dicapai dalam pelaksanaan. 39 orang diantaranya reaktif," katanya.


Efriza menegaskan, hasil rapid test reaktif belum berarti yang bersangkutan positif Covid-19. Hasil yang pasti akan diperoleh setelah diadakan swab pada peserta rapid yang hasinya reaktif tersebut.


"Reaktif belum berarti positif Covid-19, untuk hasil pastinya tentu hasil melalui tahapan swab. Kepada paserta rapid yang reaktif diwajibkan untuk melakukan isolasi Mandiri sampai di swab dan keluar hasil swab atau isolasi mandiri selama 14 hari," terangnya.


Diteruskannya, penyelenggaraan rapid test bagi KPPS dan Linmas di Puskesmas Paraman Ampalu akan berakahir besok, Rabu (2/12/2020).


"Besok kita terakhir melaksanakan rapid test bagi KPPS dan Linmas. Tindak lanjut dari proses rapid KPPS dan Linmas ini akan ditangani sesuai SOP yang berlaku dan juga akan dikoordinasikan dengan pihak KPU .Soal rapid tes, Bukan hanya diwajibkan untuk KPPS dan Linmas saja. Akan tetapi rapid tes juga dianjurkan untuk masyarakat, terlebih kepada pelaku perjalanan, agar segera dapat ditangani," tuturnya.


Diakhir, Efriza mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dengan penerapan rumus 3 M, yakni Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, Menjaga jarak dan Menghindari kerumunan sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19. (Robi)

TerPopuler