Perpustakaan Umum Sawahlunto Luncurkan Program English Community -->

Perpustakaan Umum Sawahlunto Luncurkan Program English Community

Kamis, 17 Desember 2020, 12:22


Sawahlunto, Rakyatterkini.com
- Perpustakaan Umum Kota Sawahlunto tidak saja menyediakan bahan bacaan sebagai sumber informasi ilmu pengetahuan, tapi juga kegiatan edukatif seperti kelompok belajar, kelas dongeng, berbagai lomba, serta pelatihan keterampilan.


Ini sudah menjadi bagian program kerja inovatif perpustakaan umum yang dikelola oleh Pemerintah Kota Sawahlunto.


English Community atau kelompok belajar keterampilan bahasa Inggris adalah salah satu program edukasi yang telah dimulai sejak awal Desember 2020 di Perpustakaan Umum Kota Sawahlunto.


Kegiatan yang dijadwalkan reguler setiap minggu ini cukup diminati oleh kalangan pelajar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. 


Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sawahlunto, Nova Zahara, mengungkapkan selain telah merintis kelompok belajar bahasa Inggris, pihaknya di tahun 2021, akan membuka kegiatan kelompok belajar matematika untuk pelajar. 


Sedangkan pelatihan keterampilan menjahit, membuat aneka craft dan kuliner akan diselenggarakan untuk pelajar dan umum. 


Berbagai kegiatan inovatif tersebut merupakan transformasi mewujudkan perpustakaan berbasis inklusi sosial.  


Dimana fungsi perpustakaan di era milenial ini dituntut berkembang, tidak hanya sebagai pusat sumber informasi tetapi lebih dari itu juga wajib memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, yang bertujuan untuk pemberdayaan sosial-ekonomi masyarakat.


Bagi masyarakat yang berminat mengikuti berbagai kegiatan edukasi dan pelatihan keterampilan di perpustakaan umum silahkan mendaftarkan diri ke Perpustakaan Adinegoro dan M.Yamin.


"Semua kegiatan ini gratis untuk masyarakat, dan ini adalah realisasi mewujudkan pelayanan masyarakat yang lebih baik," ujar Nova Zahara. (Ern/Ris1)

TerPopuler