Peringati HJK, Kodim 0715/Kendal Teladani Akhlak dan Sikap Panglima Besar Jenderal Soedirman -->

Peringati HJK, Kodim 0715/Kendal Teladani Akhlak dan Sikap Panglima Besar Jenderal Soedirman

Rabu, 16 Desember 2020, 08:45



Kendal, Rakyatterkini.com - Memperingati Hari Juang pada 15 Desember, Kodim 0715/Kendal menggelar syukuran secara sederhana di Makodim, Selasa (15/12/2020).


Dihadiri oleh Dandim Kendal Letkol INF. Inf Iman Widhiarto, Kasdim Mayor Inf. Sukamto, dan jajarannya, dengan mengadakan seremonial potong tumpeng, acara tersebut berjalan dengan hikmat.


Dandim menjelaskan Hari Juang Kartika TNI-AD diperingati setiap 15 Desember. Peringatan ini, sebelumnya dikenal sebagai Hari Infanteri. Hari Juang Kartika, diperingati untuk mengenang pertempuran empat hari Ambarawa atau yang biasa disebut Palagan Ambarawa yang dipimpin Jenderal Besar Soedirman pada pertengahan Desember 1945. 


Dengan slogan Rawe-rawe rantas malang-malang putung patah tumbuh hilang berganti " membuat tentara sekutu mundur dari Ambarawa menuju Semarang. 


Dihadang dengan persenjataan modern serta kemampuan strategi para sekutu, para pejuang RI tidak pernah takut sedikit pun. Mereka melakukan serangan pengepungan yang ketat di semua penjuru kota Ambarawa.


Dari kemenangan ini, pertempuran Ambarawa dan keberhasilan Jenderal Soedirman diabadikan dalam bentuk monumen Palagan Ambarawa. Yang kemudian TNI AD memperingatinya sebagai Hari Infanteri. Lalu berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 163/1999, Hari Infanteri resmi diganti menjadi Hari Juang Kartika.


Peringatan Hari Juang Kartika ini untuk mengenang sejarah perjuangan bangsa sebagai bentuk penghargaan kepada para pejuang RI yang sudah rela berkorban demi bangsa.


Diakhir sambutannya beliau berpesan untuk mencontoh Panglima Besar Jendral Sudirman baik dalam akhlak dan sikap perilaku seperti semboyannya "sepi ing pamrih, rame ing gawe", pungkasnya. (Sts)

TerPopuler