Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Senin, 19 Juli 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
61.350 8.430 51.585 1.335
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Nelayan Pariaman Terima 16 Unit Kapal Penangkap Ikan, Bantuan Pemerintah Pusat

Selasa, 22 Desember 2020 | 17:03 WIB Last Updated 2020-12-22T10:03:19Z

Pariaman, Rakyatterkini.com - Pemerintah pusat, melalui Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, terus mendorong aktivitas melaut para nelayan. 


Guna mewujudkannya, berbagai bantuan pun telah disiapkan. Salah satunya yaitu bantuan kapal penangkap ikan dan alat tangkapnya yang diberikan kepada nelayan di daerah itu.


Kepala Bidang Kelautan dan Perikanan, Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri, Selasa (22/12/2020) mengatakan, nelayan di Kota Pariaman tahun ini mendapat bantuan 16 unit kapal penangkap ikan ukuran kecil dari 3 GT beserta alat tangkap ikan dari pemerintah pusat, sebagai upaya meningkatkan hasil tangkapan laut.


"Nilai dari bantuan itu sekitar Rp1 miliar. Bantuan tersebut merupakan upaya peningkatan modernisasi alat tangkap nelayan di Pariaman," kata Citrha Aditur Bahri.


Ia menyebutkan nelayan di Pariaman banyak menggunakan kapal yang terbuat dari kayu dengan ukuran kecil, sehingga daya jelajahnya pendek yang berdampak pada hasil tangkapan nelayan yang sedikit.


Sedangkan kapal bantuan tersebut terbuat dari fiber yang memiliki jangkauan lebih jauh dari kapal yang digunakan nelayan sebelumnya.


Menurutnya, penggunaan bahan fiber karena perawatannya lebih mudah serta merupakan program nasional untuk mengurangi penggunaan kayu.


"Kalau kayu sering bocor, jadi nelayan harus menambal terus dan dicat, sedangkan fiber hingga lima tahun ke depan tidak perlu perawatan khusus," katanya.


Ia mengatakan diberikannya kapal jenis tersebut karena nelayan sudah merasakan keunggulannya dari kapal fiber.


Dijelaskan, rincian dalam paket bantuan tersebut terdapat kapal fiber, mesin tempel 15 pk, tempat penyimpanan ikan, alat tangkap pancing, dan pelampung.


16 paket bantuan yang terdiri kapal dan alat tangkap tersebut telah disalurkan oleh pemerintah setempat kepada nelayan Senin (21/12)


Ia menyampaikan pada 2019 pemerintah pusat juga mengucurkan DAK untuk modernisasi alat tangkap nelayan di Pariaman namun gagal terealisasi karena terjadi putus kontrak.


Namun, kata dia pada 2019 pihaknya juga memberikan bantuan 14 paket kapal untuk nelayan yang dananya diambil dari APBD Pariaman. (Sgr)




×
Berita Terbaru Update