KPU Sawahlunto Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur -->

KPU Sawahlunto Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara Pilkada Gubernur/Wakil Gubernur

Rabu, 16 Desember 2020, 15:07



Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto melaksanakanrapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan hasil suara pilkada gubernur dan wakil gubernur Sumbar 2020.


Rapat pleno tersebut berlangsung, di Gedung Pusat Kebudayaan (GPK) Rabu (16/12/2020), dipimpin Ketua KPUD Sawahlunto, Fadhlan Armey, didampingi empat komisioner dan Sekretaris KPUD, Bet Mukhardi.


Masing-masing pasangan calon yang ikut dalam pemilihan kepala daerah secara serentak mulai dilakukan perekapan perolehan suara baik untuk pemilihan bupati /walikota dan wakil bupati, wakil walikota serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat. 


Untuk Sawahlunto hanya dilakukan perekapan suara Pilkada gubernur dan wakil gubernur saja, karena Sawahlunto tidak ada agenda pilkada wako dan wawako.


“Usai rekapitulasi ini, kita akan laksanakan penetapan perolehan suara masing-masing paslon dan di sampaikan kepada publik, ” ucap Ketua KPU Sawahlunto, Fadlan Armey


Dia menyebut, rekapitulasi perolehan suara yang dilaksanakan ini sesuai agenda tahapan Pilkada 2020, dimana saat ini di gelar rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara tingkat kabupaten/kota.


Selain itu penetapan penghitungan suara ini sesuai jadwal atau tahapan yang ditetapkan KPU RI, bahwa rapat pleno di mulai pada 13 sampai 17 Desember 2020, ujarnya.


“Penetapan hasil perhitungan rekapitulasi tingkat kabupatan/ kota akan dilaksanakan usai pembacaan hasil rekap. Bisa hari ini sampai rentang waktu paling lama tanggal 17 Desember 2020,” sebutnya.


Sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 tahun 2020 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2020, setelah rekapitulasi penghitungan suara tingkat kabupaten, KPU kabupaten/ kota akan mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi pada tempat pengumuman di KPU kabupaten/kota dan melalui laman KPU  kabupaten/kota, paling lambat 23 Desember 2020.


Perolehan suara untuk masing-masing paslon sebagai berikut, paslon No.1 Mulyadi-Ali Mukhni=7357 suara, paslon No.2. Nasrul Abit-Indra Catri=4688 suara, paslon No.3. Fakhrizal-Genius Umar=1868 suara, dan paslon No.4. Mahyeldi-Audy= 10.887  suara.


Rapat pleno terbuka ini juga dihadiri Forkopimda, Bawaslu Sawahlunto dan Saksi dari masing-masing paslon. (Ris1)

TerPopuler