Juara Umum MTQ Nasional, Gubernur Irwan: 'Ini Kado Istimewa Saya di Akhir Masa Jabatan' -->

Juara Umum MTQ Nasional, Gubernur Irwan: 'Ini Kado Istimewa Saya di Akhir Masa Jabatan'

Selasa, 01 Desember 2020, 14:05



Padang, Rakyatterkini.com - Sumatera Barat meraih juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXVIII. Ini menjadi kado istimewa Gubernur Irwan Prayitno yang akan mengakhiri masa jabatannya pada tahun ini.


"Ya ini sebuah kado istimewa saya untuk mengakhiri masa jabatan saya jadi Gubernur Sumbar. Mudah-mudahan pada MTQ tingkat nasional tahun berikutnya Sumbar bisa mempertahankan juara umum," ujar Irwan Prayitno.


Ini merupakan sejarah bagi Sumbar, kenangan yang mengharumkan nama Minangkabau di tingkat Nasional. Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengucapkan terima kasih kepada semua kafilah Sumbar yang telah berjuang untuk meraih juara umum. 


"Semua perjuangan kita tidak sia-sia, ada dua sekaligus keberhasilan yang kita dapatkan, yaitu mendapatkan juara umum dan sukses dalam penyelenggaraan MTQ ke XXVIII tingkat Nasional," ucapnya.


Pada masa pandemi Covid-19, Sumbar dituntut menerapkan protokol kesehatan ketat dan penyelenggara harus menerapkan banyak inovasi dengan mengandalkan fasilitas internet. Ini peluang untuk Sumbar berinovasi dalam even tingkat nasional. 


"Alhamdulillah, ini pertama kali dilaksanakan even setingkat Nasional. Semua itu berjalan dengan lancar dan sukses," ungkapnya.


Kafilah Sumbar berhasil memperoleh nilai 79, dibayangi dari DKI Jakarta dengan nilai 73, selanjutnya Jawa Timur nilai 51. Sehingga mengantarkan Sumbar sebagai juara umum.


Untuk kafilah Sumbar, selain memperoleh piala dan piagam penghargaan, Pemprov Sumbar telah menyiapkan bonus bagi pemenang. Untuk medali emas akan diberikan bonus sebesar Rp200 juta, medali perak sebesar Rp150 juta dan medali perunggu sebesar Rp100 juta, termasuk juga yang juara harapan. 


Gubernur Irwan Prayitno menjelaskan, karena Pemprov Sumbar sebelumnya menargetkan lima besar, tentunya anggaran untuk bonus jelas tidak mencukupi. Untuk itu pemprov Sumbar akan membayar kekurangannya pada awal tahun 2021. "Insya Allah, semua akan dibayarkan. Ini kewajiban pemprov Sumbar untuk membayar semuanya, karena ini merupakan hak mereka," tuturnya. (hms-sumbar)

TerPopuler