Innovative Government Award, Sawahlunto Peroleh Penghargaan 'Kota Sangat Inovatif' -->

Innovative Government Award, Sawahlunto Peroleh Penghargaan 'Kota Sangat Inovatif'

Jumat, 18 Desember 2020, 15:01
Wako Sawahlunto Deri Asta, (tengah).

Jakarta, Rakyatterkini.com - Di penghujung 2020, Kota Sawahlunto mendapat kado istimewa dengan dianugerahinya sebagai kota sangat inovatif di Indonesia.


Penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini diterima Walikota Sawahlunto Deri Asta, oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnafian melalui Sekjen, Muh Hudori. 


Penghargaan itu diterima dalam ajang penganugerahan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020 di Hotel Sultan Jakarta, Jumat (18/12/2020).


Muh Hudori menjelaskan, IGA adalah lomba inovasi daerah yang dilaksanakan Kemendagri dalam rangka memacu tumbuh kembangnya iklim berinovasi di daerah. Ini untuk peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan sesuai amanat UU no 23 tahun 2014 tentang Pemerintah daerah dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.


Penilaian yang dilakukan Kemendagri terhadap seluruh pemerintah daerah ini dilakukan untuk mengukur indeks inovasi daerah melalui dua aspek, yakni satuan pemerintahan daerah dan aspek satuan inovasi dengan parameter yang telah ditetapkan.


Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan, dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri telah menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada di jalur yang benar dalam menciptakan inovasi dan kreasi pada pengelolaan pemerintahan.


"Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mana atas kinerjanya telah berperan membuat Sawahlunto memperoleh penghargaan ini. Kemudian, penghargaan ini adalah penghargaan untuk seluruh masyarakat Kota Sawahlunto," kata Walikota Deri Asta.


Ditambahkan Deri Asta, hendaknya penghargaan yang didapat di penghujung tahun 2020 ini menjadi pemacu semangat untuk mempertahankan serta meningkatkan prestasi di tahun mendatang. Juga jangan sampai berpuas diri dengan penghargaan yang ada sekarang. 


"Kita juga ajak OPD agar lebih kreatif dan inovatif lagi. Terutama dalam penyusunan sampai pelaksanaan program yang inovatif tersebut dengan melibatkan semua pemangku kebijakan di Kota Sawahlunto," pungkas Walikota Deri Asta.


Kepala Barenlitbangda Sawahlunto, Mukhsis, yang mendampingi Walikota Sawahlunto mengatakan, penilaian inovasi daerah dilakukan untuk mengukur inovasi pemerintahan dalam mendorong daya saing daerah.


Adapun bentuk inovasi daerah mencakup tiga hal, yakni tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan inovasi dalam bentuk lainnya.


Dijelaskan, penghargaan Innovative Government Award (IGA) tahun 2020, meliputi lima kategori, yakni provinsi sangat innovatif, kabupaten sangat inovatif, kota sangat inovatif, daerah perbatasan sangat inovatif dan daerah tertinggal sangat inovatif.


Inovasi yang dikirimkan tersebut, memperoleh nilai rata-rata per 1 inovasi yakni  183 (masuk dalam kategori nilai tinggi, sebab skor maksimal adalah 210). Sementara untuk nilai total mencapai lebih dari 1.000, sehingga dengan capaian di atas 1.000 itu menempatkan Sawahlunto sukses memboyong predikat 'Kota Sangat Inovatif'.


Tentunya dengan penghargaan ini sedikit banyak membantu menunjang Sawahlunto agar memperoleh perhatian dari  pemerintah pusat. Sehingga harapan kita, nanti akan banyak program/kebijakan atau pun perhatian lain dari pemerintah pusat untuk Sawahlunto.  (Ris1)

TerPopuler