Dalam Resesnya, Arkadius Dt. Intan Bano Serahkan Bantuan -->

Dalam Resesnya, Arkadius Dt. Intan Bano Serahkan Bantuan

Selasa, 01 Desember 2020, 21:54
Arkadius Dt. Intan Bano melaksanakan reses di Tanah Datar dan menyerahkan bantuan. (ist)


Batusangkar, Rakyatterkini.com - Ketua Komisi II DPRD Provinsi Sumatera, Arkadius Dt. Intan Bano melaksanakan reses di Tanah Datar, Selasa (1/12/2020).


Pada kegiatan yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan di gedung Surimaharajo Dirajo Batusangkar diikuti masyarakat kelompok tani, kelompok ternak dan pedagang, yang menerima bantuan, juga hadir Pjs. Bupati Tanah Datar Erman Rahman dan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Daryanto Sabir Dt Majo Sinaro.


Pada kesempatan itu, Arkadius Dt Intan Bano menyebut  bahwa bantuannya diberikan pada tiga kelompok masyarakat bertujuan untuk peningkatan usaha dan perekonomian saat pandemi Covid-19 ini, yang diambil dari pokok-pokok pikiran DPRD provinsi.


"Tiap tahun saya memberikan bantuan, baik berupa infrastruktur, sarana-prasarana pertanian, pendidikan, pemberdayaan ekonomi masyarakat dan lainnya. Saat reses ini juga menyerap aspirasi masyarakat, berbagai kebutuhan masyarakat, kelompok pertanian, pedagang dan kelompok lain silahkan usulkan ke pemerintah provinsi dengan proposal. Sementara, untuk kelompok daftarkan ke Notaris untuk legalitaanya sebelum mengajukan proposal," ujar Arkadius. 


Ia menyebut bantuan itu juga bersumber dari program dibeberapa dinas, diantaranya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan menyalurkan  bantuan kambing, itik dan ayam, dari Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan fisik box sebanyak 37 box untuk pedagang ikan pasar Batusangkar.


Rincian bantuan disalurkan adalah bagi 25 kelompok tani penerima mesin bajak, 4 kelompok menerima mesin potong rumput, 8 kompok menerima hand spayer dan bibit. Satu kelompok menerima 40 ekor kambing dan bantuan kandang, pakan dan obat-obatan ternak serta diberi pelatihan, pada kelompok lain juga diberikan bantuan 1.000 ekor ayam, 1.000 ekor itik, serta bantuan 43 mesin tempel kepada nelayan di selingkar Danau Singkarak bulan lalu. 


Pada kelompok yang belum dapat bantuan, ia mengajak untuk mengajukan proposalnya.


"Sebesar Rp180 miliar untuk dana pokir telah disahkan dan telah masuk ke Komisi II DPRD Sumbar akan disalurkan pada masyarakat," katanya.


Pada penerima bantuan ini, ia berharap auntuk menjaga dan memeliharanya sehingga bisa mendukung usaha dan dagangannya.


Sementara, Pjs Bupati Erman Rahman menyambut baik dan menyatakan terimakasih atas bantuan yang diberikan anggota DPRD provinsi dapil Sumbar 6 itu. Kemudian menjadi kebanggan bagi semua, ditengah pandemi, menerima bantuan guna membangkitkan usaha dan ekonomi penerima.


"Daerah kita selalu mendapat alokasi yang lebih besar dari daerah lain, ini atas perjuangan anggota DPRD  di provinsi yang berusaha hingga ke pusat mendapatkan berbagai bantuan," tambahnya. (ydi)

TerPopuler