Bangun Ekonomi Kreatif, Pemprov Sumbar Gandeng UNP -->

Bangun Ekonomi Kreatif, Pemprov Sumbar Gandeng UNP

Selasa, 01 Desember 2020, 00:00



Padang, Rakyatterkini.com - Industri kreatif di Sumatera Barat sangat berpotensi untuk dikembangkan, karena daerah Minang ini memiliki sumber daya insani kreatif dan warisan budaya yang kaya.


Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan hal demikian, pada webinar pengabdian masyarakat dengan UNP secara virtual, Senin (30/11/2020).


Dikatakan, pengabdian masyarakat merupakan salah satu komponen Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan oleh dosen selain pendidikan dan penelitian. Dosen di Perguruan Tinggi, dan masyarakat umum yang memiliki keterlibatan dalam pemberdayaan masyarakat dan pengembangan Ekonomi kreatif di Indonesia.


Pada pandemi Covid-19 saat ini sangat dibutuhkan keterlibatan Perguruan Tinggi dalam meningkatkan "ekonomi kreatif" yang mencakup industri kreatif di tengah-tengah masyarakat.


"Saat ini perlu kita tingkatkan produktivitas masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan. Saya yakin semua ini dapat memberikan konstribusi bagi perekonomian Sumbar secara signifikan," ungkap Irwan Prayitno. 

 

Irwan menceritakan, Perguruan Tinggi bisa memberikan penekanan kepada mahasiswa yang melakukan KKN, untuk bisa terus berkonstribusi kepada masyarakat, walaupun pada masa pandemi sekarang, tentunya program tetap jalan.


Dia berharap, setiap mahasiswa sebelum diwisuda harus terjun dulu ke masyarakat. Hadirnya mahasiswa di tengah-tengah masyarakat bisa memacu dan memicu untuk melakukan hal yang positif. 


Seperti memberikan sosialisasi protokol kesehatan dengan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) yang merupakan kunci, agar masyarakat tetap berproduktif pada saat pandemi Covid-19 ini.


Apalagi, masih banyak masyarakat yang tidak percaya adanya Covid-19, untuk itu Irwan Prayitno berharap mahasiswa terjun langsung bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakat.


"InsyaAllah, masyarakat terbantu dengan sosialisasi ini dan mahasiswa sebagai agen perubahan membantu masyarakat dengan kreativitas dan inovasi," tuturnya.


Pemerintah Sumbar sangat mendukung program pengabdian masyarakat dan siap membantu informasikan daerah yang dibina oleh Perguruan Tinggi, karena manfaatnya cukup besar.


"Program ini harus berkelanjutan dan harus dianggarkan pada jangka panjang. Selain merubah pola pikir dan daya saing dalam berkreativitas juga membentuk masyarakat yang beradab," kata Irwan Prayitno.


Selain itu, Irwan Prayitno memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah berbuat mengabdi pada masyarakat dengan berbagai kegiatan, mulai dari kreativitas ekonomi, pelatihan-pelatihan, kesenian, olahraga, pengajian, sosialisasi, pedidikan.  (hms-sumbar)

TerPopuler