Aksi Derap Covid, Guntul Ajak Masyarakat Patuhi Prokes -->

Aksi Derap Covid, Guntul Ajak Masyarakat Patuhi Prokes

Minggu, 20 Desember 2020, 06:35
Forkopimca Guntul adakan aksi Derap Covid.

Simpang Empat, Rakyatterkini.com – Pemerintah Kecamatan Gunung Tuleh bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat terus berupaya mengajak semua orang menjadi kader tanggap Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.


“Melalui kegiatan ini kita mendorong semua orang bisa menjadi motivator bagi sesama dalam penerapan protokol kesehatan. Ini demi keselamatan bersama dari ancaman Covid-19,” ujar Camat Gunung Tuleh, Randy Hendrawan di Simpang Empat, Sabtu (19/12/2020).


Menurutnya, program Derap Covid-19 ini digagas oleh Dinas Kesehatan Sumatra Barat (Sumbar) dan di Kecamatan Gunung Tuleh sendiri, itu sejalan dengan program Jumpa Nagari.


Derap, kata Randy, berarti kita semua diharapkan selalu menyuarakan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak) kapanpun dan dimanapun.

Bahkan, jelasnya, semua orang bertanggungjawab dalam menerapkan protokol kesehatan sehari-hari di tengah pandemi ini.


“Aksi Derap Covid-19 ini sudah kita lakukan dua hari berturut-turut, yaitu pada hari Kamis (17/12/2020) di Pasar Muara Kiawai dan Jumat (18/12/2020) di Nagari Rabijonggor,” paparnya.


Kegiatan ini, kata Randy, juga melibatkan seluruh unsur yang ada, mulai dari pemerintah kecamatan, nagari, KUA, kepolisian, babinsa, pramuka dan pihak puskesmas.


“Kegiatan yang kita lakukan seperti sosialisasi 3M, membagikan masker, memasang leaflet, flayer, poster terkait 3M di tempat umum, seperti pasar, toko dan sarana ibadah agar dapat dibaca dan dipahami oleh masyarakat,” tuturnya.


Target dari kegiatan ini, ungkap Randy, agar masyarakat merasa ada yang kurang saat keluar rumah tanpa mengenakan masker.


"Seperti pentingnya ponsel bagi kita, begitu juga masker, kalau lupa membawa dan memakainya, kita mau untuk pulang kembali menjemputnya,” kata Randy. (robi)

TerPopuler