Akses Internet di Desa Saliguma, Mentawai Buruk -->

Akses Internet di Desa Saliguma, Mentawai Buruk

Minggu, 27 Desember 2020, 12:38



Mentawai, Rakyatterkini.com - Akses internet di Desa Saliguma masih jauh dari harapan, ‎dengan persentase 15 % dari total pengguna internet di Kepulauan Mentawai.


Selain itu, pengguna internet ini juga didominasi oleh mereka yang tinggal di daerah urban. Ini merefleksikan ketidakmerataan penggunaan internet di Mentawai masih ada, kata Seviadi, tokoh pemuda di Desa Saliguma, Senin (26/12/2020).


Seviadi mengatakan manfaat jaringan internet di Desa Saliguma sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi yang tinggal di pelosok desa.


"Kita berharap pada pemerintah agar lebih serius untuk diperhatikan bagaiman agar jaringan internet ini maksimal, "katanya.


Salah satu cara menaikkan angka statistik ini adalah melalui program pendidikan dan melek huruf. Akan jauh lebih baik bagi masyarakat di desa dan dusun bila pemerintah dan industri dapat menyediakan layanan internet.


Dengan demikian, diharapkan Desa Saliguma dapat mengejar ketertinggalan dibandingkan wilayah Indonesia lainnya.

 

Pengguna internet Desa Saliguma menghadapi kendala utama yang tidak dihadapi/dimiliki oleh pengguna internet di wilayah lain, yakni sinyal yang buruk, kata Seviadi.


Menurutnya, ini menjadi alasan utama mengapa saliguma tidak hanya membutuhkan layanan broadband, tetapi utama lebih membutuhkan pembangunan infrastuktur internet yang memadai.


Pemanfaatan internet untuk‎ keperluan pendidikan berarti infrastruktur bertujuan untuk utamanya menopang akses informasi, sehingga alasan utama pengguna mengakses internet juga perlu dipertimbangkan.


Mayoritas pengguna internet di seluruh wilayah, termasuk bagian timur (83,8%), mengakses untuk berjejaring melalui media sosial. Lebih jauh lagi, mayoritas dilakukan dalam jejaring sosial.


Memahami acara internet digunakan serta konten apa yang diakses penting untuk menopang keperluan pendidikan, dan khususnya di wilayah bagian barat.


Studi-studi lebih lanjut mengenai keragaman alasan penggunaan di wilayah yang berbeda perlu dilakukan untuk memastikan bahwa pengembangan tepat sasaran dan sesuai kebutuhan setempat. (jaibi)


TerPopuler