Turunkan Angka Kemiskinan, Pemprov Sumbar Bantu Masyarakat Pesisir Pantai -->

Turunkan Angka Kemiskinan, Pemprov Sumbar Bantu Masyarakat Pesisir Pantai

Kamis, 05 November 2020, 12:11



Padang, Rakyatterkini.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat terus berupaya menurunkan angka kemiskinan, hingga wilayah pesisir pantai.


Untuk masyarakat pesisir pantai, Pemprov Sumbar melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar hingga 2020 ini telah menyerahkan ratusan mesin long tail (mesin tempel), jaring gill net, fish box, trammel net dan ratusan perahu. 


Begitu juga untuk sarana budidaya juga telah membantu jaring tancap, terpal lele, lemari asap, SPG roda 3, etalase, alat pembuat abon ikan.


Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri mengatakan bantuan sarana dan prasarana itu, akan meningkatkan pendapatan nelayan sebesar 30 persen dari pendapatan mereka sebelumnya.


Nelayan yang selama ini melakukan usaha penangkapan ikan dengan berdayung, kini sudah memiliki mesin sehingga memudahkan untuk pergi melaut dan juga menimbulkan rasa aman saat pergi ke laut.


Bantuan peralatan perbengkelan, nelayan dan masyarakat pesisir yang awalnya mengeluarkan upah untuk memperbaiki mesin kapal/perahu yang rusak, sekarang sudah dapat memperbaiki sendiri mesinnya.


Begitu juga wanita nelayan yang pada mulanya tidak dapat menjahit, setelah mendapat pelatihan dan bantuan mesin jahit, telah dapat menerima upah jahit sehingga pendapatan keluarga meningkat dan para wanita juga dapat menggunakan waktu senggang dengan menerima upah jahitan. (hms-sumbar)

TerPopuler