Tes Rapid KPPS dan Linmas Dipantau Berbagai Unsur, Termasuk Babinsa -->

Tes Rapid KPPS dan Linmas Dipantau Berbagai Unsur, Termasuk Babinsa

Jumat, 13 November 2020, 08:29



Purbalingga, Rakyatterkini.com - Penolakan 15 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Linmas Pemilihan Bupati (Pilbup) Purbalingga untuk menjalani rapid tes, tidak terjadi pada semua tempat, tapi hanya pada satu desa.


Komisioner KPU Purbalingga Divisi Partisipasi Masyarakat, SDM dan Kampanye, Andri Supriyanto menuturkan kejadian itu tidak terjadi pada semua tempat. Seperti yang baru saja melaksanakan di Kecamatan Kaligondang, tiga desa melakukan rapid tes kepada KPPS dan petugas keamanan dan  ketertiban TPS (Linmas), Kamis (12/11/2020).


Seperti diungkapkan oleh petugasPuskesmas Kalikajar, Susi Rahayu, tercatat 99 orang seharusnya yang menjalani tes namun 5 orang tidak dapat hadir, sehingga sebanyak 94 orang yang telah melaksanakan tes dan hasilnya non reaktif.


Masing-masing dengan perincian Desa Tejasari dari 45 orang baru dapat melaksanakan tes sebanyak 41 orang, Desa Sempor Lor dari seharusnya 27 orang yang dapat mengikuti tes baru 26 orang, dan Desa Brecek lengkap 27 orang telah melaksanakan tes rapid," paparnya.


Dalam hal ini pihak KPU Purbalingga bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) menggelar tes rapid kepada KPPS dan Linmas dari tanggal 9 hingga 23 November 2020 mendatang. Rapid test bagi penyelenggara Pilbup masuk dalam regulasi yang ditetapkan, agar Pilbup tidak menjadi sebaran Covid-19.


Plt. Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana menegaskan, terhadap anggota KPPS dan Linmas yang menolak rapid, harus diganti. Regulasi harus ditegakkan dan Pilbup sudah ditetapkan pemerintah, harus dijalankan sesuai dengan ketentuan.


"Jangan sampai ada opini gara-gara Pilbup jumlah positif Covid-19 naik, Pilbup harus berjalan dan kesehatan masyarakat juga harus tetap terjaga,” tegasnya.


Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono menuturkan, rapid test terhadap penyelenggara Pilkada saat ini masih berjalan. Pihaknya secara rutin harian menerima laporan dari Puskesmas di wilayah yang menyelenggarakan rapid test. 


Babinsa Koramil 02/Kaligondang untuk Desa Brecek, Serka Lasmoko, dalam pelaksanaan kegiatan tes rapid ini juga melibatkan berbagai unsur seperti PPK, Panwasdes dan Babinsa serta Bhabinkamtibmas dalam pelaksanaannya. (Pen/Sts)

TerPopuler