Terapkan Protokol Kesehatan, Kapolda Sumbar: Indonesia Bangsa yang Tangguh -->

Terapkan Protokol Kesehatan, Kapolda Sumbar: Indonesia Bangsa yang Tangguh

Selasa, 10 November 2020, 15:34
Kapolda Sumbar, Irjen Pol, Toni Harmanto jadi irup upacara Hari Pahlawan.


Padang, Rakyatterkini.com - Di masa pandemi Covid-19, peringatan Hari Pahlawan ke-75 di Sumatera Barat, tetap berjalan khidmat dan tidak menghilangi makna.


Pada upacara 10 November itu, Kapolda Irjen Pol Toni Harmanto, menjadi inspektur upacara, Selasa (10/11) di halaman kantor Gubernur Sumbar.


Upacara ini diikuti Forkopimda Sumbar, dan peserta upacara yang terdiri dari TNI (AD, AL, AU), Polda Sumbar, serta Satpol PP yang dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan.


Pada kesempatan tersebut, Irjen Pol Toni membacakan amanat Menteri Sosial RI, dimana hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekadar diingat pada setiap 10 November saja. 


Nnamun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa”.


Dikatakan Kapolda, meskipun dalam masa pandemi Covid, peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 diharapkan dapat berlangsung secara khidmat dan tidak kehilangan makna. Bahkan dapat memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.


"Nilai-nilai kepahlawanan seperti: percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, bergotong royong, perlu terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap rakyat Indonesia," ujarnya.


Kemudian, yakinlah apabila setiap anak bangsa Indonesia tertanam semangat dan nilai-nilai kepahlawanan tersebut, maka kita akan dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.


"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain," kata Kapolda membacakan amanat Mensos.


Pada kesempatan ini, dihimbau kepada seluruh rakyat Indonesia untuk berpartisipasi memperingati Hari Pahlawan sebagai salah satu bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Sukarno, yang menyatakan bahwa “Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar”.


"Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan daya kreasi yang tidak kalah dengan bangsa-bangsa lain di dunia," ucap Kapolda. (gp)

TerPopuler