Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Info Covid-19 Sumatera Barat

Update Selasa, 16 November 2021 20:00 WIB


Positif Dirawat Sembuh Meninggal
89.819 124 87.543 2.152
sumber: corona.sumbarprov.go.id

Tanggulangi Masalah Masyarakat Pesisir, Pemprov Canangkan Program GEPEMP

Minggu, 08 November 2020 | 12:05 WIB Last Updated 2020-11-18T05:11:40Z



Padang, Rakyatterkini.com - Meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang identik dengan kehidupan para nelayan, pemerintah provinsi Sumatera Barat membuat program gerakan pensejahteraan masyarakat pesisir (Gepemp).


"Alhamdulillah, pada tahun 2013, Sumbar mendapat penghargaan sebagai Provinsi Terbaik Pengelolaan Pesisir dan Pulau Kecil, "ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar, Yosmeri.


Sumbar merupakan provinsi berprestasi dalam mendukung program pengelolaan sumber daya laut, pesisir dan pulau-pulau kecil. 


Untuk menanggulangi permasalahan masyarakat pesisir, sejak 2012, Pemprov Sumbar telah mencanangkan program Gerakan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir. Dimana nelayan dan keluarganya menjadi objek untuk diberdayakan dengan berbagai program mata pencarian alternatif, seperti pertanian, peternakan.


Strategi yang digunakan mengoptimalkan seluruh potensi yang ada pada masyarakat pesisir agar memiliki mata pencaharian alternatif.


Maksimalisasi produktifitas nelayan, memberikan pilihan diversifikasi pengetahuan yang berhubungan dengan kebutuhan aktivitas yang berkembang, seperti reparasi mesin kapal, pertukangan sipil, penjahit.


Memberikan mata pencaharian alternatif pada sektor lain bagi anggota keluarga produktif lainnya (istri dan anak-anak) seperti peternakan, pertanian, perdagangan, industri kecil dan menengah, dll sebagai penyokong ekonomi keluarga. 


Peningkatan kapasitas SDM masyarakat pesisir, melalui berbagai pelatihan life-skill bagi nelayan dan anggota keluarganya seperti pelatihan mekanik, pekerjaan sipil, dan kewirausahaan kecil lainnya. (hms-sumbar)




×
Berita Terbaru Update