Siberut akan Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus, Pemkab Mentawai Siapkan Pemandu Wisata -->

Siberut akan Dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus, Pemkab Mentawai Siapkan Pemandu Wisata

Senin, 09 November 2020, 20:20



Mentawai, Rakyatterkini.com - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, melalui Dinas Pariwisata menggelar pelatihan pemandu wisata selam memberikan pengetahuan bagi pemandu wisata menyelam pada 40 peserta, Senin (9/11/2020).


Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini dibuka Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet, di rumah penginapan Aileppet, Kecamatan Siberut Barat Daya sekaligus pengisi materi. 


Bupati Yudas mengatakan putra-putri Mentawai jangan jadi penonton, dan jangan diam diri, apalagi kawasan Siberut direncanakan akan dijadikan daerah kawasan ekonomi khusus, sehingga perlu mempersiapkan diri sebagai putera-putri yang berkualitas.

 

Dinas pariwisata mendatangkan para instruktur selam dari provinsi Sumbar, Perkumpulan Penyelam Profesional Sumbar.


Kepala Dinas Pariwisata Mentawai mengatakan, pelatihan pemandu wisata diisi dengan materi dan modul bahan pembelajaran yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI).


Materi yang disiapkan oleh instruktur, dapat menjadi pegangan yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan kembali sebagai pedoman dalam menjalankan aktivitas usaha pariwisata masing- masing peserta.


Adapun lingkup materi pelatihan meliputi, kebijakan pengembangan kepariwisataan daerah. Sinergitas pemerintah dan pariwisata kelompok usaha wisata selam dan SDM pemandu. 


Kompetensi umum, terdiri dari keterampilan dasar selam, dasar-dasar rescue dan CPR, kemampuan penyelamatan, mengatur kegiatan penyelaman, menjalankan prosedur keadaan darurat pada aktivitas penyelaman.


Melakukan penyelaman orientasi, fungsi administrasi penyelaman serta menangani keluhan dan melaporkan kegiatan penyelaman. (jaibi)

TerPopuler