Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival 2020, Dimulai Hari Ini -->

Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival 2020, Dimulai Hari Ini

Sabtu, 28 November 2020, 12:55
Wako Deri Asta, didampingi Wawako Zohirin Sayuti  dan Setdako Ambun Kadri.

Sawahlunto, Rakyatterkini.com - Kegiatan Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCa) 2020 mulai dihelat Sabtu ini, 28/11/20 s/d 30/11/20.


Iven SiSSCa ini acara tahunan yang diselenggarakan Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, merupakan rangkaian kegiatan menyambut HUT ke-132  Kota Sawahlunto, tanggal 1 Desember 2020 (1 Desember 1888-1 Desember 2020 )


Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan SISSCa 2020 ini tidak melakukan pawai busana berbahan Songket.


"Kegiatan tahun ini walaupun tidak diadakan pawai arak-arakan busana berbahan Songket, tidak akan mengurangi makna dan kemeriahannya," ujar Walikota Deri Asta, dalam jumpa pers di Balaikota, Sabtu (28/11/2020).


Lebih jauh Deri Asta memaparkan kegiatan SISSCa 2020 tetap melakukan penampilan hasil kreasi - kreasi desainer lokal dan nasional dalam bentuk Modeling Virtual. Desainer lokal ini berasal dari organisasi sosial, instansi pemerintah, BUMN dan sekolah.


"Modeling Virtual ini kita pusatkan di tiga tempat, yakni Geopark Batu Runcing, Dermaga Camping Ground dan Museum Gudang Ransum. Ini kita lakukan untuk menghindari penumpukan massa disatu tempat,makanya kita bagi lokasi kegiatannya."


Pelaksanaan event SISSCa 2020 ini tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes) Covid - 19, seperti mencuci tangan dengan hand sanitizer, memakai masker dan menjaga jarak. 


Saat ini Songket Silungkang masih dibuat menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) dilakukan secara manual, ini memberikan kebebasan bagi pengrajin untuk berkreasi menciptakan motif dan warna sesuai keinginan konsumen. Songket Silungkang sudah diakui sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Negara. (Ris1)

TerPopuler