Sangat Membantu Peternak, Lima Sapi di Tanah Datar Terima Klaim Asuransi dari AUTSK -->

Sangat Membantu Peternak, Lima Sapi di Tanah Datar Terima Klaim Asuransi dari AUTSK

Rabu, 25 November 2020, 14:05

Peternak menerima klaim asurasi AUTSK bersama pejabat Dinas Pertanian dan pimpinan Jasindo. (ist)


Batusangkar, Rakyatterkini.com - Peternak yang mengikuti program Asuransi Usaha Ternak Sapi dan Kerbau (AUTSK) merasa sangat terbantu, saat ternaknya mati atau dipotong paksa maka premi asuransi diterima.


Sepanjang tahun 2020 ini, sebanyak lima ekor sapi telah menerima kucuran dana klaim asuransi.


"Penyerahan klaim asuransi ternak secara simbolis untuk Tanah Datar dilaksanakan di kantor wali nagari Tanjung Barulak Kecamatan Tanjung Emas beberapa hari lalu, dilakukan Kepala Kantor Pemasaran Jasindo Bukittingi, Abdulah Hilmi, "ujar Kadis Pertanian Yulfiardi, melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. Varia Warvis.


Dihubungi, Rabu (25/11/2020) Varia Warvis mengatakan klaim yang sudah dibayarkan oleh pihak Jasindo sebagai rekanan diantaranya untuk sapi mati tiga ekor, dan dua klaim sapi potong paksa.


Sapi mati merupakan milik peternak Hasnefi dari Kelompok Taruna Harapan Nagari Barulak Kecamatan Tanjung. Emas, kemudian Tomy dari kelompok  Anugrah Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung dan Yastuti petani di Nagari Barulak, Kecamatan Tanjung Emas menerima klaim masing-masing sebesar Rp10.000.000.


Sementara, untuk klaim sapi potong paksa dua ekor, milik peternak Yos Abrar di Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung dan Tomy Anugrah Nagari Situmbuk, Kecamatan Salimpaung  menerima klaim masing-masing sebesar Rp7.000.000,-.


Sebagai daerah sentra peternakan, maka asuransi ternak dinilai sangat melindungi peternak dari resiko kerugian, dimana ternak sapi dan kerbau mengikuti program AUTSK. Dengan biaya  sangat ringan, asuransi ini mampu memberi perlindungan bila mengalami kematian, potong paksa maupun pencurian, jelas Kabid.


Untuk ini bagi yang berminat bisa menghubungi petugas pertanian kecamatan, seperti penyuluh pertanian, petugas peternakan atau kesehatan hewan di nagari dan kecamatan


Diuatarakan Varia Warvis, target AUTSK tahun ini sebanyak 400 ekor dengan realisasi sampai awal bulan November sebanyak 512 ekor dengan rincian 494 sudah ada SK DPD (Daftar Peserta Definitif) dan 18 ekor masih dalam proses penerbitan polisnya. 


Adapun premi asuransi untuk sapi sebesar 2% dari harga pertanggungan Rp10.000.000,-  perekor, yaitu senilai Rp200.000,- per ekor per tahun. Dimana besaran bantuan premi dari pemerintah sebesar 80% atau Rp160.000,- per ekor per tahun dan sisanya swadaya peternak 20% atau Rp40.000,- per ekor per tahun.


"Ini tentu sangat membantu peternak," tambah Kabid. (ydi)




TerPopuler