Petani di Indramayu Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi -->

Petani di Indramayu Keluhkan Kelangkaan Pupuk Bersubsidi

Sabtu, 28 November 2020, 05:13

Indramayu, Rakyatterkini.com - Kelangkaan pupuk bersubsidi di Indramayu, Jawa Barat, membuat para petani kesulitan dalam memulai masa tanam.


Ini disampaikan para petani saat mendapatkan kunjungan spesifik Komisi IV DPR RI bersama Kementerian Pertanian di Gudang Lini III PT Pupuk Kujang Jatibarang, Indramayu, Jumat (27/11/2020).


Turut hadir dalam acara tersebut Dirjen Sarana dan Prasarana Kementrian Pertanian Sarwo Edhy, Anggota Komisi IV Ono Surono, Kepala Dinas Pertanian Indramayu H Takmid, PT Pupuk Kujang, kelompok tani, para agen dan Distributor Pupuk. 


Kelangkaan Pupuk bersubsidi di Indramayu dikarenakan kurangnya kordinasi dan lambatnya pendataan dan usulan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu ke pusat.


Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mengatakan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu harus tanggap atas keluhan para petani perihal kelangkaan pupuk bersubsidi. 


"Dinas Pertanian Kabupaten Indramayu harus mendata ulang para kelompok tani melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok atau (RDKK) yang baru biar di masa tanam tiba kebutuhan pupuk bersubsidi bisa terpenuhi, " Ucap Ono.


Disinggung adanya pupuk palsu yang beredar di Arahan Indramayu, pihaknya akan kordinasi dengankepolisian untuk ditindak karena sudah melanggar. 


Dirjen Sarana dan prasarana Kementrian Pertanian, Sarwo Edhy menambahkan untuk para petani yang sudah difasilitasi kartu tani agar mengunakan untuk membeli pupuk bersubsidi sebagai mana mestinya, sedangkan untuk yang belum menerima kartu tani pembeliannya dilakukan secara manual," pungkasnya (Selamet H)

TerPopuler